contoh pendidikan non formal
FacebookTwitterEmailGmailWhatsApp

Komitmen – Yuk simak apa saja contoh pendidikan non formal. Yang anda ketahui bahwa pendidikan memiliki arti yang sangat penting bagi sebagian masyarakat. Mengapa dikatakan sebagian? Hal itu dikarenakan masih banyak juga masyarakat yang tidak peduli dengan dunia pendidikan. Yang dimana anda ketahui bahwa, pendidikan harus dikejar setinggi mungkin agar dapat berguna di masa depan. Hal itu juga dikarenakan pendidikan tersebut, juga salah satu hal pendukuang atau pendorong dimana seseorang menjadi sukses.

Perlu anda ketahui bahwa pendidikan sendiri memiliki definisi yang berarti suatu proses dimana dapat mengubah suatu sikap beserta perilaku seseorang. Yang dimana pendidikan tersebut mengupayakan atau membuat seseorang tersebut menjadi manusia yang lebih dewasa. Dengan melakuakn berbagai upaya seperti pengajaran dan pelatihan secara langsung terhadap seseorang atau kelompok tersebut. Dalam pendidikan juga terdapat beberapa jalur yang mungkin dapat di tempuh oleh para pelajar diluaran.

Dimana salah satunya adalah contoh pendidikan non formal yang saat ini semakin banyak masyarakat memilihnya sebagai pendidikan dasar. Yang dimana pendidikan tersebut merupakan suatu jalur pendidikan yang berada di luar pendidikan formal. Dimana artinya pendidikan ini, berbeda dengan pendidikan yang dikatakan formal. Perlu anda ketahui bahwa, pendidikan ini mampu dan dapat dilaksanakan dengan terstruktur maupun berjenjang. Dan pendidikan ini juga memiliki tujuan yang sangat jelas untuk para peserta didiknya.

Baca juga :   Kodim Sangatta Serahkan Anak Orang Utan ke BKSDA

Yang dimana salah satu tujuanya adalah untuk meningkatkan pembelajaran yang masih mendasar. Dimana pembelajaran tersebut masih seputar dasar yang artinya masih pengenalan. Dan pendidikan ini juga memiliki tahapan pembelajaran yang dimana pada umumnya terjadi. Dengan tujuan yang jelas tersebut, pendidikan ini menimbulkan manfaat yang sangat baik bagi para peserta didiknya. Tetapi kali ini kita akan membahas lembaga apa saja sih yang disebut non formal. Dari pada panjang kali lebar, lebih baik kita bahas bersama.

Berikut contoh pendidikan non formal yang perlu anda ketahui

Taman kanak-kanak

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa taman kanak-kanak (TK) merupakan salah satu contoh pendidikan non formal. Yang dimana anda ketahui bahwa pendidikan satu ini memiliki pembelajaran yang masih mendasar. Dimana yang telah disebutkan bahwa pendidikan ini memiliki tujuan untuk memberikan kebutuhan belajar yang dasar atau seperti pengenalan pada lingkungan sekitar. Dan hal tersebut sama halnya dengan ciri pembelajaran pada taman kanak-kanak tersebut.

Sebagaimana yang anda ketahui bahwa, pada taman kanak –kanak tersebut, terdapat pembelajaran mengenai pengenalan beberapa hal. Karena pada dasarnya peserta didik yang masuk dalam TK tersebut masih belum sepenuhnya mengenal dari lingkungan sekitar. Dari lembaga tersebut lah, peserta didik yang umunya berusia kurang lebih 5 tahun tersebut, dapat mengetahui pembelajaran yang masih mendasar. Misalnya seperti pengenalan angka, huruf dan bentuk yang biasanya anak usia 5 tahun tersebut belum mengenalnya.

Baca juga :   Antroposen: Manusia di Republik Pisang

Contoh Pendidikan non formal kelompok bermain

Kelompok bermain ini juga merupakan salah satu pendidikan yang tidak bersifat formal. Dapat dikatakan bahwa contoh pendidikan non formal yang satu ini masih dibawah taman kanak-kanak. Yang dimana biasanya usia dari peserta didiknya yaitu kisaran dua atau tiga sampai lima tahun. Dimana pendidikan tersebut memiliki pembelajaran yang masih mendasar lagi dari taman kanak-kanak tersebut. Dan kelompok bermain ini, peserta didik masih harus di dampingi oleh orang tua.

Nah itulah beberapa contoh pendidikan non formal yang mungkin banyak masyarakat belum dapat membedakannya. Tetapi dari penjelasan diatas pasti anda semua dapat mengetahui mana pendidikan yang bersifat formal dan tidak.

Berikutnya akan kita bahas mengenai:

Pengertian Pendidikan Non Formal Yang Wajib Kalian Pahami Dari Para Ahli