ulumul quran
FacebookTwitterEmailGmailWhatsApp

Resensi Buku berjudul Ulumul Quran Zaman Kita (Pengantar Untuk Memahami Konteks, Kisah dan Sejarah Al-Quran ditulis oleh Ingrid Mattson.

Ingrid MattsonĀ (lahir tahun 1963) adalah aktivis, profesor, dan mualaf muslim Kanada dan juga presiden Masyarakat Islam Amerika Utara (ISNA). Ia mendapatkan gelar Ph.D. studi Islam dari Universitas Chicago pada 1999. Pada 1995, ia ditunjuk sebagai penasihat bagi delegasi Afghanistan untuk Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) bagi Komisi yang membidangi Status Perempuan. Selain aktif berdakwah, kini Ingrid Mattson menjadi Profesor Studi Islam di Seminari Hartford, Connecticut. Ia juga mendirikan program kerohanian Islam di Hartford Seminary, program kerohanian Islam pertama di Amerika Serikat.

Untuk memahami lebih jauh dan mendalam mengenai makna yang dikandung Al-Quran, kita perlu menguasai berbagai ilmu pendukung. Ulama klasik menyebutnya ulumul Quran (ilmu-ilmu Al-Quran). Kitab tentangnya berlimpah, baik dari khazanah klasik maupun mutakhir.

Baca juga :   PILKADA Serentak di Akhir Tahun, PD LIDMI Makassar Adakan Webinar Munajat Kebangsaan

Secara gemilang, buku ini mengantar kita untuk mengerti ilmu, kisah dan sejarah Al-Quran: bagaimana Nabi Muhammad SAW menerima wahyu dari Tuhan (Allah SWT); bagaimana Al-Quran menggambarkan dirinya sendiri dalam kaitannya dengan bentuk wahyu dan petunjuk Tuhan lainnya kepada manusia; bagaimana umat Islam menjaga Al-Quran dari tradisi lisan ke tradisi tulis meski tradisi yang pertama tidak pernah lenyap dari masa ke masa; bagaimana mereka beserta para mufasir memahami Al-Quran dari generasi ke generasi; bagaimana Al-Quran bertahan melewati berbagai gejolak sosial politik dan budaya komunitas Islam dan masyarakat dunia secara umum; bagaimana Al-Quran perlu dibaca dalam konteks masa kini dan masa depan.

Sebuah pengantar otoritatif tentang kitab rujukan utama kaum muslim yang ditulis secara cemerlang oleh ulama muslimah. Mengupas pesan dan ajaran yang dikandung Al-Quran dan menyajikan ulasan komprehensif tentang pentingnya ajaran tersebut bagi seorang muslim maupun masyarakat Islam. Menelusuri tema-tema kunci Al-Quran, ragam penafsiran dan penafsir terpenting dari masa ke masa. Mengungkap pengaruh Al-Quran pada semua aspek masyarakat muslim, termasuk hubungan personal, budaya populer, hukum, seni, arsitektur, gerakan politik, sains dan sastra.

Baca juga :   Peringati HUT ke-74 RI, Pegiat Literasi Maros Adakan Lapak Kemerdekaan

Buku ini sangat layak menjadi pegangan bagi anda yang ini belajar dan mendalami tentang agama islam dan seluk beluknya untuk menambah pemahaman dan keyakinan anda.