Molekul Atom (pixabay)
FacebookTwitterEmailGmailWhatsApp

KomitmenTingkatan Molekul Atom yang dibutuhkan Makhluk Hidup. Pada usia sekolah hingga mengenyam bangku kuliah dulu, mata pelajaran apa yang paling dihindari selain matematika, Bahasa Inggris dan Fisika.

Tentu jawaban yang paling populer adalah mata pelajaran kimia. Memang diakui kimia itu terbilang pelajaran paling dihindari, toh demikian keberadaan kimia sangat dibutuhkan dalam dunia kerja, dari ilmu kimia tersebut kita mengenal istilah molekul atom.

Molekul merupakan gugusan yang secara elektris netral yang tersusun dari dua atau lebih atom yang saling berikatan melalui ikatan kimia. Atom adalah suatu satuan dasar materi, yang terdiri atas inti atom serta awan elektron bermuatan negatif yang mengelilinginya. Inti atom terdiri atas proton yang bermuatan positif, dan neutron yang bermuatan netral. Elektron-elektron pada sebuah atom terikat pada inti atom oleh gaya elektromagnetik.

Atom merupakan unit pembangun dari segala macam materi. Molekul dan ion dibangun oleh atom-atom.

Molekul merupakan gabungan dari dua atau lebih atom, bisa terbentuk dari atom yang sama, contohnya, hidrogen (H2) dan oksigen (O2). Bisa juga terbentuk dari atom yang berbeda, contohnya, air (H2O), karbon dioksida (CO2), atau karbon monoksida (CO).

Beberapa contoh atom antara lain atom karbon, hidrogen, oksigen, dan nitrogen.

Atom terdiri atas proton, neutron, dan elektron atom-atom tersebut kemudian berikatan membentuk molekul, contohnya atom oksigen dan hidrogen bergabung membentuk molekul air.

Kemudian, molekul molekul saling berikatan dengan ikatan yang lebih kompleks membentuk suatu organelsel.

Berdasarkan hal itu, dapat dikatakan bahwa molekul merupakan senyawa kimia yang menyusun tubuh makhluk hidup atau organisasi fungsional tingkat molekul. Molekul bukan termasuk organisasi tingkat kehidupan Organisasi tingkat kehidupan dimulai dari sel.

Jadi, salah satu ciri makhluk hidup yang membedakannya dengan benda mati adalah tubuhnya disusun oleh sel, uniseluler (tersusun oleh satu sel) maupun multiseluler (tersusun oleh banyak sel).

Molekul organik sering disebut juga sebagai molekul biologi.
Molekul ini ditemukan di dalam tubuh makhluk hidup. Makhluk
hidup membutuhkan molekul organik sebagai sumber energi untuk menjalankan proses kehidupannya dan bahan-bahan mentah untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh.

Adapun empat kelompok utama molekul organik yang dibutuhkan oleh makhluk hidup, yaitu karbohidrat, lemak, protein, dan asam nukleat.

Karbohidrat merupakan senyawa yang mengandung unsur karbon, hidrogen dan oksigen. Karbohidrat dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu monosakarida, disakarida, dan polisakarida.

Lemak merupakan persenyawaan antara asam lemak dan gliserol lemak mempunyai beberapa fungsi antara lain sebagai bagai sumber energi terbesar setiap gram lemak mengandung 9 kalori, pelarut, vitamin yakni vitamin A, D, E dan K, sumber asam esensial dan penyebab lamanya pengosongan lambung sehingga memberi rasa kenyang lebih lama.

Selain itu lemak juga berfungsi untuk menjaga organ-organ vital dalam tubuh seperti otak, jantung, paru-paru, ginjal, dan usus supaya terhindar dari luka dan cidera dan menahan posisi organ-organ tersebut supaya tetap ditempatnya pada saat terjadi benturan. Lemak juga berperan penting untuk memelihara kelembaban kulit, rambut dan menjaga badan tetap hangat.

Sementara protein terdapat dalam semua sel hidup, mengandung unsur karbon, hidrogen, oksigen, dan nitrogen. Hewan membuat protein dari apa yang mereka makan, sedangkan tumbuhan membuat protein dari air, tanah dan garam-garam mineral.

Protein dibedakan menjadi dua, yakni protein hewani dan hewan nabati. Contoh makanan sumber protein antara lain susu, telur, keju, ikan dan kacang-kacangan. Beberapa fungsi protein bagi tubuh yaitu enzim, zat pengatur pergerakan, pertahanan tubuh, alat pengangkut, penunjang mekanis, media perambatan impuls saraf, pengendalian pertumbuhan.

Sedangkan asam nukleat merupakan polimer besar dengan ukuran yang bervariasi, antara 25.000 – 1 miliar. Fungsi penting asam nukleat adalah menyimpan, mentransmisi, informasi genetik.

Asam nukleat dalam sel ada dua jenis, yaitu DNA (deoxyribonucleic acid) atau asam deoksiribonukleat dan RNA (ribonucleic acid) atau asam ribonukleat.

Baca juga :   Papirus, Toko Buku yang Bertahan di Tengah Pandemi