FacebookTwitterEmailGmailWhatsApp

KomitmenTidak ada usaha, kekuatan dan upaya manusia sebagai hamba-NYA, kecuali dengan kehendak Allah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepada ‘Abdullah bin Qois, “Wahai ‘Abdullah bin Qois, katakanlah ‘Laa hawla wa laa quwwata illa billah’ (Tidak ada usaha, kekuatan dan upaya, kecuali dengan kehendak Allah), karena ia merupakan simpanan pahala berharga di surga.” (HR. Bukhari)

“Allah lah yang menciptakan kamu dari keadaan lemah, kemudian Dia menjadikan (kamu) setelah keadaan lemah itu menjadi kuat, kemudian Dia menjadikan (kamu) setelah kuat itu lemah (kembali) dan beruban. Dia menciptakan apa yang Dia kehendaki. Dan Dia Maha Mengetahui, Maha Kuasa.” (QS. Ar Ruum: 54)

Doa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Ya Allah, tunjukilah padaku akhlak yang baik, tidak ada yang dapat menunjukinya kecuali Engkau. Dan palingkanlah kejelekan akhlak dariku, tidak ada yang memalingkannya kecuali Engkau” (HR. Muslim). “Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari akhlaq, amal dan hawa nafsu yang mungkar” (HR. Tirmidzi).

Baca juga :   Meski Pandemi Covid-19, Warga Laksanakan Salat Id

Katakanlah: “Aku berlindung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia“. (QS.114:1).

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah sangat mencintai orang yang jika melaksanakan suatu pekerjaan, maka pekerjaaan tersebut dilakukannya dengan itqan (profesional).” (HR Thabrani).

“(Dia) Yang menjadikan mati dan hidup supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya (kerja optimal). Dan, Dia Mahaperkasa lagi Maha Pengampun.” (QS. Al Mulk: 2).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Aku memberikan nasihat kepadamu, wahai Mu’adz. Janganlah engkau tinggalkan saat di penghujung shalat bacaan doa:
ALLOOHUMMA A’INNII ‘ALAA DZIKRIKA WA SYUKRIKA WA HUSNI ‘IBAADATIK* (Ya Allah, tolonglah aku dalam berdzikir, bersyukur, dan beribadah yang baik kepada-Mu).”) (HR. Abu Daud dan An-Nasa’i)

Baca juga :   Rasakan Manis Pahitnya Jatuh Cinta Sesakit-Sakitnya

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. Dan janganlah kamu seperti orang-orang yang lupa kepada Allah, lalu Allah menjadikan mereka lupa kepada mereka sendiri. Mereka itulah orang-orang yang fasik.” (QS. Al-Hasyr: 18-19)