Piala Menpora 2021
FacebookTwitterEmailGmailWhatsApp

Komitmen – Super Elang Jawa julukan bagi PSS Sleman melaju ke semifinal setelah mengalahkan Bali United lewat adu tendangan pinalti. Pertandingan sengit antara PSS Sleman melawan Bali United tersaji di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Senin malam, 12 April 2021. Laga perempat final Piala Menpora 2021 tersebut berakhir kemenangan PSS Sleman. Tim asuhan Dejan Antonic lolos ke semifinal setelah mengalahkan Bali United lewat adu penalti.

Drama adu tendangan pinalti dilakukan setelah kedua tim bermain imbang tanpa gol. Laga ini dimulai pukul 20.30 WIB dan disiarkan live di Indosiar.

Duel keduanya yang bertepatan dengan malam bulan Ramadan berlangsung sejak menit awal. Namun PSS maupun Bali United tidak ada peluang gol yang tercipta.

Pasukan Serdadu Tridatu semakin meningkatkan tekanannya ke lini pertahanan PSS. Pada menit ke-18, tim asuhan Stefano Cugurra alias Teco mendapatkan peluang bagus untuk mencetak gol. Saat itu, bola sepakan Stefano Lilipaly ke depan gawang sudah disambut Yabes Roni, tetapi bola yang nyaris melewati garis gawang berhasil ditepis kiper Ega Rizky.

Selang empat menit kemudian, giliran PSS mengancam pertahanan Bali United, Irfan Jaya yang berhasil menusuk dari sayap kanan melakukan tembakan dari dalam kotak penalti. Namun, bola sepakannya masih bisa ditangkap kiper Wawan Hendrawan.

Memasuki 15 menit terakhir babak pertama, duel antar pemain banyak terjadi. Menjelang babak pertama berakhir, PSS Sleman lebih mendominasi serangan. Beberapa kali para pemain asuhan Dejan Antonic berhasil menembus lini pertahanan Bali United, tetapi penyelesaian mereka masih belum akurat.

Mendekati istirahat turun minum, giliran Bali United yang lebih banyak menyerang. Namun, beberapa sepakan bola yang mengarah ke gawang PSS masih belum tepat sasaran. Kedudukan pun tetap imbang tanpa gol hingga babak pertama berakhir.

Baca juga :   Tujuh Belas Tim Ikuti Turnamen Piala Menpora 2021

Melanjutkan pertandingan babak kedua, Bali United kembali melancarkan serangan. Namun, Fadil dan rekan-rekannya tidak mudah menembus lini pertahanan Super Elang Jawa yang diperkuat Aaron Michael Evans dan Fabiano Beltrame.

Pada menit ke-59, pelatih Stefano Cugurra melakukan perubahan strategi. Dia menarik Rizky Pellu dan memasukkan Lerby Eliandry. Selain itu, dia juga mengganti Yabes Roni dengan Rahmat.

PSS mendapatkan peluang mencetak gol pada menit ke-61. Kerja sama Velez Nicolas dan Aaron Evans berhasil menusuk lini pertahanan Bali United. Namun, Nicolas gagal melakukan penyelesaian dengan baik.

Masuknya Lerby meningkatkan serangan Bali United. Dia melakukan tembakan ke arah gawang PSS, tetapi belum tepat sasaran. Pelatih PSS, Dejan Antonic juga melakukan perubahan strategi. Dia menarik Arsyad Yusgiantoro dengan Saddam Emiruddin Gaffar.

Pada menit ke-69, Andhika Wijaya mendapatkan kartu merah setelah melakukan pelanggaran terhadap Saddam yang baru masuk. Situasi ini membuat PSS unggul jumlah pemain.

Memasuki 15 menit terakhir, Stefano Cugurra kembali melakukan pergantian pemain. Dia menarik Ilija Spasojevic digantikan Dias Angga Putra dan Fadil Sausu digantikan Moh Sidik Saimima.

Sementara, PSS juga melakukan pergantian pemain. Dejan mengubah strategi dengan memasukkan Jepri Kurniawan dan Derry Rachman Noor menggantikan Irkham Milla dan Samsul Arifin.

Unggul jumlah pemain, PSS berusaha meningkatkan tekanannya ke lini pertahanan Bali United. Namun, tim asuhan Dejan masih kesulitan menjebol gawang yang dikawal Wawan Hendrawan.

Meski kalah jumlah pemain, Bali United tetap berusaha melancarkan serangan untuk bisa mencetak gol. Stafeno Lilipaly dan rekan-rekannya mengoptimalkan tendangan bola mati.

Baca juga :   Sepak Bola, Permainan Profesional Tingkat Dewa

Dengan mengganti kiper Wawan Hendrawan dan memasukkan Samuel Charlheins Reimas, pelatih Bali United berharap ada perubahan skor, namun hasilnya diluar ekspektasi. Dari kubu PSS, Dejan menarik Aaron Evans dan memasukkan Wahyu Sukarta. PSS tak mampu menjebol gawang Bali United yang dijaga ketat hingga wasit meniup peluit tanda pertandingan berakhir. Untuk menentukan pemenang, dilakukan adu penalti.

Irfan Jaya sebagai penendang pertama dari PSS sukses melakukan eksekusi. Di kubu Bali United, Stefano Lilipaly menjadi penendang pertama pun sukses menyamakan kedudukan. 1-1.

Penendang kedua PSS, Kim Jeffrey Kurniawan juga sukses melakukan tugasnya. Dari Bali United Lerby Eliandry juga sukses melakukan tendangan penalti, sehingga kedudukan sementara masih imbang 2-2.

Fabiano Beltrame yang menjadi penendang ketiga dari PSS Sleman berhasil mencetak gol. Sementara, pemain ketiga Bali United Dias Angga gagal melakukan tendangan penalti, sehingga kedudukan sementara 3-2 untuk PSS.

Wahyu Sukarta juga sukses melakukan tugasnya sehingga kedudukan 4-2. Sementara, Willian Pacheco gagal melakukan tendangan penalti, sehingga PSS memastikan lolos ke semifinal.

Hasil positif ini bagi  PSS Sleman akan menghadapi Persib Bandung yang lebih dulu mengantongi tiket ke semifinal Piala Menpora 2021, setelah sehari sebelumnya menyingkirkan Persebaya Surabaya dengan skor 3-2.