Satuan Tugas Temukan Senjata Api
FacebookTwitterEmailGmailWhatsApp

KomitmenSatuan Tugas Nemangkawi berhasil menemukan penyimpanan senjata api Kelompok Kriminal Bersenjata, Kelompok Gigen Telenggeng. Kelompok ini salah satu DPO kelompok kriminal bersenjata yang disinyalir merupakan penyedia senjata api bagi KKB berhasil ditangkap oleh Satgas Nemangkawi pada Jumat , 3 September 2021.

Kronologi kejadian seturut keterangan Kasatgas Humas Nemangkawi, KBP Ahmad Mustofa Kamal, Tim investigasi dan Lidik Nemangkawi mendapat informasi bahwa target Gigen Telenggeng yang seturut keterangan saksi, memiliki senjata api untuk diberikan kepada KKB. Ketika diketahui Gigen sedang menaiki Taxi star wagon selanjutnya Tim melaksanakan pengahadangan di Polsek Sentani Timur untuk mengamankan Gigen.

Setelah melewati proses intrograsi, Gigen mengarahkan tim untuk bergerak menuju Sabron sesuai keterangan Gigen bahwa Senpi disembunyikan/dikubur Didalam tanah di rumah kosong. Tim tiba di sabron selanjutnya langsung menuju tempat penyimpanan Senpi oleh Gigen Telenggeng. Pukul 10.45 WIT Tim menggali tanah sedalam 30 cm selanjutnya ditemukan peti terbuat dari kayu. Tim membongkar peti dengan Kampak dan didapati 3 Pucuk Senjata api M16 dan 2 Senpi Rakitan serta 1 buah Tas berisi Magazen.

Baca juga :   Jamin Keamanan Lintas Batas, Satgas Raider 300 Laksanakan Pemeriksaan

KBP Kamal menjelaskan bahwa proses pengembangan penyidikan masih berlangsung, “Giggen Telenggeng masih didalami lagi terkait jaringan KKB yang dia ikuti, dan aparat akan menindak tegas kelompok manapun yang melakukan pelanggaran hukum, terutama yang mengancam keselamatan masyarakat”.

Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB Papua, dikenal merupakan kelompok sparatis yang memiliki berbagai senapan.

Beberapa senapan yang diketahui dimiliki KKB adalah mulai dari AK-47, senapan serbu PKM, hingga senapan Steyr AUG yang merupakan senapan canggih dari Austria.

Selain itu, KKB diketahui juga memiliki senapan M-16 yang merupakan salah satu senjata yang digunakan oleh militer Amerika.

M-16 merupakan senapan serbu yang digunakan 15 militer negara NATO, dan juga 80 militer di negara non-NATO.

Baca juga :   Kunjungi Gowa Discovery Park, Ini Pesan WamenLHK

Senjata ini bisa digunakan secara otomatis, bisa menembak dengan laju 700 hingga 950 putaran per menit.