Peringati Hari Bakti Rimbawan
FacebookTwitterEmailGmailWhatsApp

Komitmen, Makassar – Memperingati Hari Bakti Rimbawan ke-38, Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (Balai PPIKHL) Wilayah Sulawesi melaksanakan donor darah di lingkungan kantor Balai PPIKHL Wilayah Sulawesi dengan menerapkan standar protokol kesehatan (Prokes) yang ketat. Jumat (19/3/2021).

Dalam aksi donor darah yang melibatkan Palang Merah Indonesia dalam rangkaian peringatan Hari Bhakti Rimbawan ke-38 juga dihadiri oleh Beberapa Satker KLHK di Sulawesi Selatan yang berada di Makassar serta LSM.

Acara kampanye dan donor darah yang dilaksanakan di Kantor Balai PPIKHL Wilayah Sulawesi pada Jumat (19/3/2021) berjalan dengan lancar dan tertib serta dalam Prokes yang ketat.

Terlihat hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Kepala P3E Sulawesi Maluku, Kepala Balai PSKL Sulawesi, Kepala Balai Gakkum Sulawesi, Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan, BPTH Wilayah II Makassar, Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan Makassar, Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan Makassar, BPKH Wilayah VII Makassar, Manggala Agni Daops Sulawesi I/Gowa, Balai PDASHL Jeneberang Saddang.

Dikegiatan ini telah berhasil mengumpulkan sekitar 60 kantong darah yang selanjutnya diserahkan ke PMI.

Mengingat aksi ini juga sebagai salah satu upaya mendukung stok persediaan darah yang akan memasuki Bulan Ramadhan, diharapkan lewat kegiatan aksi nyata para Rimbawan ini menjadi manfaat buat Masyarakat.

Uniknya, untuk setiap peserta yang telah melakukan donor darah, diberikan souvenir hingga mendapatkan juga bibit gratis berupa tanaman buah buahan diantaranya bibit durian, mangga, jambu biji hingga bibit ketapang kencana.

Puncak Peringatan Hari Bakti Rimbawan ke-38 yang jatuh pada 16 Maret 2021 kemarin, merupakan peringatan terhadap dedikasi seluruh rimbawan Indonesia terhadap kelestarian hutan Indonesia. Peran rimbawan terhadap kelestarian hutan Indonesia terekam dalam berbagai karya.

Diantaranya upaya penegakan hukum di bidang lingkungan, Perlindungan satwa dan flora langka, Optimalisasi kawasan hutan, Pengendalian dampak perubahan iklim di tingkat lokal dengan Proklim, Pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) partisipatif melalui pembentukan Masyarakat Peduli Api (MPA).

Dalam memperingati Hari Bakti Rimbawan Tahun 2021 ini, Balai PPIKHL Wilayah Sulawesi mengajak para Rimbawan Indonesia di Sulawesi Selatan untuk melaksanakan kampanye bersama dan donor darah sebagai bentuk partisipasi rimbawan terhadap kemanusiaan.

Pelaksanaan donor darah yang dilaksanakan bersama dengan kampanye, pameran foto, dan pembagian bibit gratis dimaksudkan untuk menunjukkan keberagaman peran, tugas dan fungsi, serta sumbangsih para Rimbawan peranannya selama ini kepada masyarakat umum yang juga hadir menyemarakkan.

Bukan hanya tas kain dan sovenir untuk menyemarakkan pelaksanaan peringatan Hari Bakti Rimbawan. Balai PPIKHL Wilayah Sulawesi bekerjasama dengan BPTH Wilayah II Makassar juga memberikan bibit gratis kepada partisipan donor tanpa terkecuali.

Pelaksanaan acara ini pun mendapat sorotan dari TVRI SulSel sebagai media penyiaran Nasional berpengalaman yang ada di Sulawesi Selatan khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala P3E Sulawesi Maluku yang sempat diwawancarai oleh TVRI SulSel pasca melaksanakan donor darah memberikan apresiasinya terhadap pelaksanaan Peringatan Hari Bakti Rimbawan Balai PPIKHL Wilayah Sulawesi.

“Saya berterima kasih kepada Balai PPIKHL Wilayah Sulawesi atas terselenggaranya kegiatan yang sangat positif, donor darah,” ungkap Darhamsyah.

“Sebagai seorang rimbawan tentu saja kita juga punya tanggung jawab kemanusiaan. Semoga ke depannya kita bisa lebih sering lagi melaksanakan kegiatan positif seperti ini,”ungkap Kepala P3E Sulawesi Maluku ini dalam wawancaranya dengan TVRI di Kantor Balai PPIKHL Wilayah Sulawesi.

Sementara itu, dalam wawancara dengan TVRI juga , Kepala Balai PPIKHL Wilayah Sulawesi, Ir. I MGS Rimbawan, M.Si mengapresiasi kegiatan ini.

Menurutnya pelaksanaan perhelatan Donor darah dalam rangkaian peringatan Hari Bhakti Rimbawan ke-38 ini tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid – 19.

“Kegiatan donor darah juga merupakan wujud bakti setiap rimbawan dalam hal kemanusiaan,”jelasnya.

“Kegiatan hari ini tetap memperhatikan standar dalam penerapan Protokol Kesehatan pencegahan Covid-19. Dari seluruh rangkaian acara, kami bersyukur mendapatkan respon yang positif dari para peserta donor darah yang hadir,”ungkap Kepala Balai PPIKHL Wilayah Sulawesi.

“Terbukti hingga saat ini sudah sekitar 60 kantong darah yang berhasil disumbangkan untuk saudara saudara kita di luar sana yang membutuhkan,” tambahnya.

“Bukan hanya memastikan lingkungan hidup lestari untuk anak cucu kita ke depannya dari Bhakti seorang rimbawan.

Baca juga :   Ditengah Pandemi, Yon Armed 12/Divif 2 Kostrad Berbagi

Namun juga membhaktikan diri kita untuk kemanusiaan, Besar harapan pada hal – hal positif semacam ini, sehingga dapat terus dilanjutkan dikemudian hari,” pungkas Kepala Balai PPIKHL Wilayah Sulawesi, Ir. I MGS Rimbawan, M.Si dihadapan awak media TVRI SulSel.

Tak lupa pendonor juga melihat stand pameran publikasi foto kegiatan Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (Balai PPIKHL) Wilayah Sulawesi KLHK dan tak sedikit yang melakukan swafoto pertanda antusiasnya para peserta donor.

(Tim Publikasi Balai PPIKHL Sulawesi / FHS).