HUMMASA Bahas Peran Desa Sebagai Miniatur Negara

Komitmen, Makassar – Lembaga Kajian dan Pendampingan Hukum Masyarakat Desa menggelar webinar nasional bertajuk “Peran Desa sebagai Miniatur Negara” melalui aplikasi zoom meeting pada hari Rabu, (20/1/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh beberapa narasumber diantaranya Pimpinan Komisi V DPR-RI, H. Andi Iwan Darmawan Aras, S.E., M.Si., Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan, Dr. Firdaus Dewilmar, S.H., M.Hum., dan Asisten Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. Andi Aslam Patonangi serta para peserta dari berbagai wilayah di Indonesia.

Dalam sambutannya, Rahmat Anugrah selaku Ketua Umum El-Hummasa menuturkan bahwa El-Hummasa berdiri atas dasar keresahan terhadap minimnya minat generasi muda pada pembangunan desa.

“El-Hummasa hadir untuk menyatupadukan semangat pemuda khususnya dalam pengabdian kepada masyarakat desa. Ditengah pandemi yang sedang melanda, kami mencoba untuk tetap menjaga semangat pengabdian tersebut dengan menyelenggarakan webinar nasional ini,” tutur Rahmat.

Dalam kesempatannya, Dr. Firdaus Dewilmar mengungkapkan bahwa pihak kejaksaan berperan penting dalam pengawasan prioritas alokasi dana desa agar tepat sasaran dan tidak terjadi penyelewengan.

“Sesuai arahan pemerintah pusat, pengawasan alokasi dana desa menjadi titik fokus kejaksaan saat ini. Pemanfaatan dana desa diutamakan untuk program padat karya dan menggerakkan sektor produktif di tingkat desa. Selain itu, dalam masa pandemi Covid-19 ini dana desa juga diarahkan untuk pemulihan perekonomian nasional.” ujarnya

Sementara itu, H. Andi Iwan Darmawan Aras menjelaskan Komisi V DPR-RI sebagai mitra kerja Kemendes PDTT tengah mengupayakan pengembangan desa, daerah tertinggal dan transmigrasi agar sejalan dengan rencana pembangunan nasional.

“DPR-RI selalu berupaya mendorong pengembangan desa melalui tata kelola pemerintahan desa yang transparan dan akuntabel, pembangunan desa yang memberikan dampak bagi kesejahteraan masyarakat, serta pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa” jelasnya

Narasumber berikutnya, Dr. Andi Aslam Patonangi menggambarkan rencana pembangunan dan program prioritas desa dalam lingkup Sulawesi Selatan pada tahun 2021

“Fokus utama pembangunan desa pada tahun 2021 ini antara lain pengembangan status desa menuju desa maju dan desa mandiri, mendorong digitalisasi desa di berbagai bidang, dan pemulihan ekonomi desa melalui alokasi dana desa secara terukur dan terencana” katanya.

Baca juga :   Yugo Community Berkomitmen Appi dan ARB Walikota Makassar 2020 -2025