Pentingnya Mengenal Energi
FacebookTwitterEmailGmailWhatsApp

Komitmen- Pentingnya mengenal energi dalam sistem kehidupan. Mengapa penting lantaran energi itu memang manusia hidup sangat membutuhkan energi dalam sistem kehidupan.

Tubuh memerlukan energi agar dapat melakukan kegiatan sehari-hari, kalau bukan energi. Mari memperhatikan mengapa kendaraan bermesin seperti mobil dan motor bisa bergerak berjalan, padahal mesin-mesin itu tidak bernyawa.

Tidak terbayangkan mobil dan motor itu mendadak mandeg berjalan karena kehabisan bahan bakar, atau boleh jadi mesin kendaraan itu lagi rewel. Karenanya mengenali energi dalam sistem kehidupan itu penting sekali.

Tentunya kita juga kerap naik sepeda, ketika bepergian ke pasar, ke sekolah maupun olahraga, perhatikan roda-roda sepeda itu berputar pada saat berjalan.

Rodanya akan berputar ketika kita mengayuh sepeda, roda sepeda menggelinding. Roda sepeda tidak akan menggelinding kalau tidak dikayuh.

Mengenal energi dalam sistem kehidupan itu penting, terlebih bagi kehidupan manusia. Selama masih mampu bernafas, manusia hidup pasti membutuhkan energi.

Manusia dapat bergerak sesuai keinginan manusia itu sendiri seperti duduk, berdiri, jongkok, berjalan, berlari. Gerakan-gerakan tersebut karena tubuh manusia memilki energi.

Untuk mendapatkan energi maksimal bisa memperolehnya dari sarapan nasi maupun roti atau meminum segelas susu dan selalu membawa air minum yang sehat sebagai cadangan energi mana kala dahaga.

Baca juga :   Give And Give: Kebaikan Mengalahkan Kejahatan

Pengertian Energi

Untuk melakukan usaha atau perubahan memperlukan energi. Memang sulit menangkap pengertian energi, setidaknya energi itu semacam kekuatan tak kasat mata yang mampu melakukan suatu pergerakan.

Baterai, listrik, bahan bakar bensin, solar adalah sumber energi kendaraan listrik maupun kendaraan bermotor mesin tanpa bahan bakar tadi tidak akan bergerak.

Bahwa mengenal energi dalam sistem kehidupan manusia sangatlah penting. Ini bisa membuktikan, jika kita berdiam diri di rumah saja pernah merasakan gelap gulita tanpa aliran listrik.

Coba matikan alat-alat listrik yang berhubungan dengan listrik, pasti tidak akan menyala. Itu semua terjadi karena tidak ada aliran energi yang menyalakan peralatan tersebut.

Energi menyebabkan motor, mobil dapat bergerak. Karena adanya energi berupa bahan bakar, pesawat terbang dapat terbang. Begitu juga kereta api dapat berjalan dikarenakan energi.

Manusia juga membutuhkan energi untuk bergerak, bekerja, bernafas, bermain sepakbola dan melakukan banyak hal lainnya.

Keberadaan energi berada dimana-mana, perhatikan saja hewan dan tumbuhan membutuhkan energi untuk tumbuh dan berkembang biak. Tanpa energi apalah daya dan upaya makhluk hidup tersebut.

Baca juga :   Nagara Institute Gelar Diskusi Daring, Ini Narsumnya

Energi sangat dibutuhkan untuk melakukan segala usaha. Dengan demikian mengenal energi dalam sistem kehidupan manusia sangatlah penting.

Beberapa bentuk energi, sebut saja energi potensial. Energi potensial adalah energi yang dimiliki oleh suatu materi karena lokasi atau tempatnya.

Kemudian energi kinetik adalah bentuk energi ketika suatu materi berpindah atau bergerak.

Energi kimia adalah bentuk energi yang terkandung dalam suatu zat. Misalnya orang yang makan akan memilki energi untuk beraktivitas. Lainnya adalah bensin yang mengandung energi  kimia sehingga mampu menggerakkan mesin.

Energi listrik yang bermuatan listrik ini paling banyak digunakan karena mudah berubah menjadi energi lainnya adalah energi listrik.

Bahwa mengenal energi dalam sistem kehidupan manusia sangatlah penting. Dengan memperhatikan sumber energi, kita dapat mengupayakan penghematan dan memanfaatkan energi alternatif.