Setan Neraka (pixabay)
FacebookTwitterEmailGmailWhatsApp

KomitmenOrang sombong dan bakhil alias kikir bin medit dijamin sebagai penduduk neraka. Lantas apa yang anda sombongkan selama hidup di dunia ini.

Banyak orang sombong lantaran terlena memiliki pangkat, jabatan, harta padahal ketika mati nanti semua itu tidak dibawa ke liang kubur, kecuali 3 hal yakni ilmu bermanfaat, anak sholeh serta sholehah dan amal jariyah.

Banyak contoh seseorang sombong karena suatu benda dan jabatan, misalnya baru diangkat untuk membawa mobil pimpinan sudah pecicilan, padahal mobil milik negara, lantas apa yang anda sombongkan, dan masih banyak lagi contoh kesombongan manusia yang sulit diuraikan disini.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika kamu tidak berbuat dosa, sungguh aku mengkhawatirkan kamu pada perkara yang lebih besar dari itu, yaitu ‘ujub (kagum terhadap diri sendiri).” [HR. Al-Albani].

“Sesungguhnya penduduk neraka adalah semua orang yang kasar lagi keras, orang yang bergaya sombong di dalam jalannya, orang yang bersombong, orang yang banyak mengumpulkan harta, orang yang sangat bakhil.

Adapun penduduk sorga adalah orang-orang yang lemah dan terkalahkan.” [HR. Ahmad dan Al-Hakim]

“Negeri akhirat itu Kami jadikan bagi orang-orang yang tidak menyombongkan diri dan tidak berbuat kerusakan di bumi. Dan kesudahan (yang baik) itu bagi orang-orang yang bertakwa. (QS.28:83).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sesungguhnya dari manusia ada yang menjadi kunci kebaikan dan penutup keburukan. Juga ada manusia yang menjadi kunci keburukan dan menjadi penutup kebaikan.

Bahagialah orang yang telah Allah anugerahkan ia sebagai kunci kebaikan melalui tangannya dan celakalah bagi siapa yang telah Allah jadikan baginya kunci keburukan melalui tangannya”. (HR. Ibnu Majah)

“Hai orang-orang yang beriman, jika kamu bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan memberikan kepadamu “furqaan”. (kemampuan membedakan yang baik dan yang buruk) dan menghapuskan segala kesalahan-kesalahanmu dan mengampuni (dosa-dosa) mu. Dan Allah mempunyai karunia yang besar.” [QS. Al-Anfal:29].

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang menginfakkan ‘sepasang hartanya’ di jalan Allah, maka dia akan dipanggil oleh malaikat- dari pintu-pintu surga, ‘Wahai hamba Allah! Inilah kebaikan -yang akan kamu peroleh-.’ Barangsiapa yang tergolong ahli sholat, maka dia akan dipanggil dari pintu sholat. Barangsiapa yang tergolong ahli jihad, maka dia akan dipanggil dari pintu jihad. Barangsiapa yang tergolong ahli sedekah, maka dia akan dipanggil dari pintu sedekah. Barangsiapa yang tergolong ahli puasa, maka dia akan dipanggil dari pintu ar-Rayyan.”

Abu Bakar ash-Shiddiq berkata, “Wahai Rasulullah, bahaya apa lagi yang perlu dikhawatirkan oleh orang yang dipanggil dari pintu-pintu itu. Apakah ada orang yang dipanggil dari kesemua pintu itu?”. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Ada. Dan aku berharap semoga kamu termasuk di dalamnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

“Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku hikmah dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang saleh, dan jadikanlah aku buah tutur yang baik bagi orang-orang (yang datang) kemudian, dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang mempusakai surga yang penuh kenikmatan.” (QS. Asy Syu’ara: 83-85).

Baca juga :   Berbahagialah Karena Anda Sakit, Ini Ulasan Singkatnya