FacebookTwitterEmailGmailWhatsApp

Koid, Bulukumba – Mahasiswa KKN UINAM Angkatan 62, Posko 19 Desa Benteng Gantarang memberi bantuan untuk pembangunan TPA Nurul Jihad yang berlokasi di Dusun Bonto Bulaeng Desa Benteng Gattarang Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Senin, (6/4/2020).

TPA ini dibentuk oleh Darmawati pada tahun 1998, menggunakan sumberdana melalui tokoh agama dan masyarakat sekitar yang mendukung adanya Taman Pendidikan Al-qur’an di Dusun Bonto Bulaeng.

“Berawal dari kurangnya pengetahuan anak-anak tentang ilmu agama,  dibantu oleh  kedua anaknya sebagai tenaga pengajar Darma bertekad membentuk generasi qur’ani di daerahnya tersebut.

Bermodalkan tekad, niat dan ketulusan hati, ibu beranak dua ini merintis Taman Pendidikan Al-qur’an dengan dukungan masyarakat sekitar.

“Sampai hari ini jumlah santri dan santriwati kurang lebih 60 anak yang dibagi atas  beberapa tingkatan,” kata Darmawati.

Baca juga :   Kabaharkam Polri Pimpin Rapat Penanganan Covid-19

Ia menuturkan, TPA ini  tidak hanya di peruntukkan anak-anak tapi juga ibu-ibu yang berminat untuk kembali memperbaiki bacaan Al-qur’annya, ibu-ibu ini juga rutin melaksanakan pengajian pada setiap malam jumat yang bertempat di rumah ibu Darma yang juga sebagai lokasi TPA Nurul Jihad.

“TPA tersebut telah mencetak ratusan alumni yang telah melanjutkan pendidikannya hingga ke bangku kuliah hingga yang kini sudah bekerja,
TPA ini juga rutin mengikuti lomba MTQ dari tingkat Dusun hingga ke Tingkat Kabupaten, Prestasi terbaik yang pernah di capai TPA Nurul Jihad ini salah satunya meraih juara pada tingkat Kabupaten,” lanjut Darma.

Saat ini, pihak TPA tersebut sedang menggalang dana guna melanjutkan pembangunan gedung baru untuk ‘Taman Surga’ ini yang sangat dinanti-nantikan oleh para santri dan para orang tua santri serta para donatur, karena saat ini kondisi bangunannya kurang layak untuk proses belajar mengajar. “Pembangunan saat ini masih dalam tahap pembangunan pondasi dasar,” imbuhnya dihadapan mahasiswa KKN.

Baca juga :   Personel TNI Ajari Mandi Bersih Anak-Anak Pedalaman Papua

Melihat antusias adik-adik taman Pendidikan Al-qur’an Nurul Jihad, teman-teman KKN UINAM Angkatan 62 Posko 19 Desa Benteng Gantarang berinisiatif untuk memberikan bantuan tunai sebagai donasi untuk melanjutkan pembangunan gedung TPA.

One thought on “Mahasiswa KKN UINAM Memberikan Bantuan Untuk Pembangunan TPA NURUL JIHAD”

Comments are closed.