Komitmen – Beragam tips dan peristiwa menarik tersaji di media online komitmen.id, lima artikel populer berikut mulai dari urusan dunia hingga mengingat Tuhan tertuang dalam kanvas digital ini.

komitmen.id sebagai media independen dengan sumberdaya manusia terbatas namun mempunyai kapasitas tanpa batas mengolahnya menjadi informasi yang bermanfaat. Mengedukasi, Menginspirasi dan Berkelanjutan tanpa sensasi ini mencoba merekamnya dan menyimpan perpustakaan dalam bentuk digital.

Kami mengucapkan terimaksih serta penghargaan setinggi-tingginya buat para pembaca setia komitmen.id, apalah artinya media komitmen tanpa kehadiran pembaca atau pengunjung.

Sekaligus meninjau atau memberi saran yang membangun guna perbaikan redaksi kedepannya. Berikut ringkasan lima artikel populer tersebut.

1. Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal
Maula Wanikman Nasir

Arti dan makna hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir mengandung banyak penafsiran secara harfiah atau bahasa. Namun, secara substansi sebagian besar ulama dan teks-teks Islam memberikan arti dan makna yang sama.

Kalimat “hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir” adalah salah satu kalimat dzikir yang banyak dianjurkan. Meskipun terkesan sangat pendek, tetapi ayat “hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir” memiliki arti dan makna yang dalam atas kedekatan dan rasa tawakal kita kepada Allah SWT.

Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maulana waanikman nashir artinya adalah, “Cukuplah Allah sebagai tempat diri bagi kami, sebaik-baiknya pelindung dan sebaik-baiknya penolong kami.”

2. Putus Dengan Pasangan, Ini Doa Agar Mantan Menyesal

Ketika komitmen kita putus berpacaran tentu sangat sedih, apa lagi sang mantan diketahui telah membina rumah tangga dengan orang lain.

Membuat mantan menyesal telah menyia-nyiakan kita itu ada caranya, antara lain mulai dengan membuat diri berpenampilan lebih cantik dan lebih menarik. Atau mulai berhubungan dengan orang baru yang lebih baik, ganteng, cantik, saleh dan salehah dahulu di banding sang mantan.

Hanya segelintir orang saja yang berjiwa besar, bahwa mencintai seseorang itu tidak harus memiliki. Lebih dari itu, mantan itu memang terbaik, sampai-sampai saking cintanya, agar sang mantan merasa menyesal akan keputusannya, ternyata ada doa agar mantan menyesal.

3. Jenitri Sebagai Aksesoris Alami Yang Kaya Manfaatnya

Nama ilmiah dari pohon genitri adalah rudraksha/jenitri berasal dari ‘Elaeocarpus sphaericus’. 70% dari pohon yang ditemukan di Kepulauan Jawa Indonesia, 25% di Nepal dan 5% di India. Manik-manik Rudraksha dikatakan mengandung sekitar 50% karbon, nitrogen 1%, 18% hidrogen dan 31% oksigen. Rudraksh juga dikenal dengan nama Shivaksh, Neelkantaksh, Shivbindu, Shivpriya, Paavan, Sarvaksh, Haraksh atau Bhutanashan. Senin, (25/08/2019).

Di Indonesia, pohon genitri/Jenitri ini sendiri banyak ditanam di Jawa Tengah, Sumatera, Kalimantan, Bali, dan Timor, dalam beberapa penelitian kesehatan, dikatakan jika buah atau biji genitri mampu menghilangkan stres. Itu lantaran biji genitri itu sendiri mampu mengirimkan sinyal secara beraturan ke jantung ketika digunakan sebagai kalung. 

Dari berbagai penelitian juga disebutkan jika biji genitri memiliki sifat kimia dan fisik berupa induksi listrik, kapasitansi listrik, pergerakan listrik, dan elektromagnetik.

Sehingga, biji tersebut mampu memengaruhi sistem otak pusat saat menyebarkan rangsangan bioelektrokimia. Hasilnya, otak merasa tenang dan menghasilkan pikiran positif.  Jadi tidak heran jika biji jenitri/genitri dibaderol harga selangit, toh demikian tetap saja laris manis dipasaran. Kebanyakan pembeli adalah orang orang luar Indonesia yaitu Cina dan Nepal. Orang cina dan nepal berbondong bondong mencari buah tersebut dan membelinya dalam bentuk butiran, kalung, atau orang menyebutnya mala, mereka membeli jenitri dengan harga yang tinggi.

Kandungan-kandungan senyawa hidup yang terdapat pada biji genitri itu juga dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

4. Penandatanganan Kerjasama PT Buls dengan Universitas Muhammadiyah Sidrap

Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan PT. Berdikari United Livestock. Selasa, (06/08/2019).

Kerjasama ini dibangun dengan membidangi 3 aspek yakni Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat.

Penandatangan kerjasama dilakukan oleh Ir. Muhammad Rais Rahmat Razak, M.Si selaku Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang dan Mohammad Arief Arianto, SE., MM selaku Direktur Utama PT. Buls.

Fakultas Sains dan Teknologi UMS Rappang saat ini membina 5 Program Studi yaitu Prodi Peternakan, Prodi Agroteknologi, Prodi Perikanan, Prodi Teknologi Hasil Pertanian dan Juga Prodi Agribisnis.

5. Perwakilan Pimred dari Daerah di Sulsel Ngumpul Bahas Persiapan Pengukuhan DPD-SPRI Provinsi Sulsel

Organisasi Serikat Pers Republik Indonesia (SPRI) adalah salah satu organisasi/wadah yang menaungi wartawan dari berbagai media di tanah air. Sabtu, (03/08/2019).

Pertemuan membahas persiapan pengukuhan dan pelantikan Dewan Pimpinan Daerah Serikat Pers Republik Indonesia (DPD-SPRI) Provinsi Sulawesi Selatan yang rencananya akan dihelat pada bulan Oktober mendatang.

Sejalan dengan visi SPRI Pusat Menuju jurnalis profesional dan sejahtera, DPD SPRI Sulsel bertekad memajukan profesi jurnalis di Provinsi ini.