FacebookTwitterEmailGmailWhatsApp

KomitmenLailatul Qadr lebih baik dari seribu bulan, terlebih pada bulan ramadan. Malam ini adalah malam Jum’at, sekaligus malam ganjil (25 Ramadhan 1442). Menurut pendapat sebagian Fuqaha’, di malam seperti ini kita berharap Lailatul Qadar turun. Jumat, (7/5/2021).

Ibn Rajab al-Hanbali, dalam Lathaif al-Ma’arif, dari Ibn Hubairah berkata, “Jika malam Jum’at bertepatan dengan malam ganjil, maka dibanding malam yang lain, ia lebih pantas turunnya Lailatul Qadar”

Ibn Taimiyah berkata, “Jika malam Jum’at salah satu dari malam ganjil di sepuluh hari terakhir, maka pas kemungkinannya Lailatul Qadar.” Wallahu a’lam

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “Lailatul Qadr (terjadi) pada sepuluh malam terakhir, barangsiapa yang menghidupkan malam-malam itu karena berharap keutamaannya, maka sesungguhnya Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang lalu dan yang akan datang, dan malam itu adalah pada malam ganjil, ke dua puluh sembilan, dua puluh tujuh, dua puluh lima, dua puluh tiga atau malam terakhir di bulan Ramadhan”.

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda pula, “Sesungguhnya tanda Lailatul Qadr adalah malam cerah, terang, seolah-olah ada bulan, malam yang tenang dan tentram, tidak dingin dan tidak pula panas, pada malam itu tidak dihalalkan dilemparnya bintang, sampai pagi harinya, dan sesungguhnya tanda Lailatul Qadr adalah matahari di pagi harinya terbit dengan indah, tidak bersinar kuat, seperti bulan purnama, dan tidak pula dihalalkan bagi setan untuk keluar bersama matahari pagi itu” (HR. Imam Ahmad)

“Sesungguhnya Kami menurunkan Al Qur’an pada malam Lailatul Qadar, tahukah engkau apakah malam Lailatul Qadar itu? Malam Lailatul Qadar itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Rabb mereka untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al Qadar: 1-5).

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa berdiri (shalat) pada malam Lailatul Qadar dengan penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

“Sesungguhnya Kami menurunkan pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah, (yaitu) urusan yang besar dari sisi Kami. Sesungguhnya Kami adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. Ad Dukhan: 3 – 6)

Baca juga :   Doa Ketika Dapat Pujian dari Orang Lain