Kluwak
FacebookTwitterEmailGmailWhatsApp

KomitmenKluwek merupakan salah satu rempah-rempah asli Indonesia kaya manfaat bagi kesehatan. Tumbuhan pohon asli Indonesia yang memiliki banyak manfaat serbaguna dari segi konservasi maupun ekonomi. Kluwek memiliki namablain kepayang, picung atau pamarasan.

Pohon Kluwek ini memiliki perakaran yang kuat sehingga cocok digunakan sebagai pohon konservasi pelindung air dan penghijauan di daerah aliran sungai.

Selain itu kayunya cukup baik dan kuat digunakan sebagai bahan pertukangan
Ciri khas dari Kluwek atau Kepayang ini adalah biji pada buahnya. Jika dikonsumsi mentah maka bisa memabukkan bahkan keracunan (muntah, mual dan sakit perut) sehingga muncul istilah mabuk kepayang karena kandungan asam sianida yang tinggi.

Namun ketika sudah diolah dengan benar biji kluwek bisa dijadikan bumbu untuk masakan rawon. Rasa dari kluwek pada masakan rawon ini yg menjadi pembeda khas dengan masakan lainnya. Selain itu kandungan vitamin C, beta karoten dan tanin pada kluwek ini juga bernilai tinggi sehingga juga digunakan sebagai bumbu sop konro dan masakan lainnya.

Selain itu juga penggunaan Kluwek bisa dijadikan sebagai racun untuk panah karena kandungan asam sianida, pengawet makanan terutama ikan, pestisida alami, dan bahan baku minyak kepayang atau minyak kluwek.

Sebelum mengolah makanan dengan menggunakan kluwek ini, perlu merendamnya terlebih dahulu untuk menghilangkan racunnya. Selain menjadi bumbu masakan, ternyata kluwek bermanfaat untuk berbagai hal.

Berikut ini manfaat yang bisa di dapatkan dari mengonsumsi kluwek yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Bantu Meredakan Gejala Penyakit Kulit
Menurut penelitian, manfaat kluwek bisa digunakan untuk terapi tambahan pada penyakit kusta, dan beberapa penyakit kulit lainnya. Hal ini dikarenakan pada biji kluwek mengandung dua jenis asam lemak siklik, yang merupakan suatu asam hidnokarlat dan asam khaulmograt.

Dua jenis asam lemak ini memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengatasi berbagai penyakit kulit. Terutama yang disebabkan oleh infeksi.

2. Obat Cacing dan Luka Bakar
Selain pada biji kluwek, ada juga manfaat yang bisa didapatkan dari daun kluwek. Daun segar maupun getah daun kluwek ternyata bisa digunakan sebagai obat cacing, penawar racun makanan, hingga membersihkan luka bakar.

Kluwek juga memiliki sifat antiseptic dan disinfektan yang ampuh untuk mengobati luka bakar. Kluwek juga mengandung tanin, yaitu zat yang bersifat antimikroba yang dapat membantu mengatasi cacing kremi yang bersarang di sistem pencernaan.

3. Menjaga Daya Tahan Tubuh
Pada biji kluwek ternyata memiliki kandungan vitamin C dan zat besi yang cukup tinggi. Manfaat vitamin C paling utama adalah menjaga daya tahan tubuh. Vitamin yang biasa didapat pada buah jeruk ini juga bagus untuk kulit.

Manfaat vitamin C untuk kesehatan tubuh dan kulit, pertama sebagai antioksidan sehingga bisa membantu memperkuat daya tahan tubuh. Kemudian bisa juga untuk mencegah penyakit ringan, seperti flu dan badan lelah.

Kandungan vitamin C dalam kluwek juga bisa memperbaiki sel kulit mati untuk proses regenerasi atau mencegah penuaan dini. Selain itu, vitamin C juga bisa memperbaiki mood dan menjaga kadar vitamin dalam tubuh dalam batas normal.

Manfaat vitamin C untuk kesehatan tubuh dan kulit, pertama sebagai antioksidan sehingga bisa membantu memperkuat daya tahan tubuh. Kemudian bisa juga untuk mencegah penyakit ringan, seperti flu dan badan lelah.

Kandungan vitamin C dalam kluwek juga bisa memperbaiki sel kulit mati untuk proses regenerasi atau mencegah penuaan dini. Selain itu, vitamin C juga bisa memperbaiki mood dan menjaga kadar vitamin dalam tubuh dalam batas normal.

4. Mencegah Anemia
Selain kandungan vitamin C pada kluwek, ternyata juga ada nutrisi zat besi kluwek yang tak bisa diabaikan begitu saja. Ya, manfaatnya bagi sel darah merah dalam tubuh dan bagi ibu hamil patut juga diperhitungkan.

Zat besi merupakan salah satu komponen sel darah merah, yaitu hemoglobin. Zat besi ini dibutuhkan tubuh untuk mencegah anemia karena zat besi mengikat hemoglobin. Lalu, zat besi bisa memperyahankan fungsi otot dan otak, menjaga sistem imun, menjaga fungsi organ tubuh.

5. Membantu Menjaga Kesehatan Usus
Menjaga kesehatan usus bukan hanya bermanfaat untuk saluran pencernaan saja, tetapi juga untuk kesehatan organ lain seperti otak. Oleh karena itu, Anda harus mengonsumsi makanan yang membantu menjaga kesehatan usus, salah satunya adalah kluwek. 

Kluwek diketahui mengandung banyak serat yang baik untuk usus. Selain itu, serat dari kluwek juga bermanfaat untuk membantu memperlancar buang air besar.

6. Mencegah Kelainan Janin pada Ibu Hamil
Kandungan nutrisi zat besi pada kluwek salian itu adalah untuk mencegah kelainan janin. Lainnya, zat besi juga bermanfaat untuk metabolisme zat-zat aktif dalam tubuh.

7. Menurunkan Risiko Radang Sendi akibat Asam Urat

Kandungan vitamin C di dalam buah kluwek memiliki manfaat untuk mencegah radang sendi akibat tingginya kadar asam urat dalam tubuh. Radang sendi akibat asam urat umumnya dialami di bagian sendi sekitar jempol kaki.

8. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Buah kluwek mengandung magnesium yang dapat dihubungkan dengan penurunan risiko penyakit jantung koroner. Apabila kebutuhan magnesium sehari-hari tidak terpenuhi, Anda berisiko mengalami kelainan irama jantung dan munculnya komplikasi setelah serangan jantung.

Di samping itu, berbagai penelitian juga menunjukkan, memenuhi asupan magnesium dalam jumlah cukup dapat membantu menurunkan risiko stroke. 

9. Mencegah Lemas dan Kelelahan Otot

Rutin mengonsumsi kluwek mampu mencegah serta mengatasi masalah, seperti kelemahan otot, mati rasa, dan lemas. Ini karena kluwek mengandung mineral fosfor yang membantu tubuh Anda tetap fit dan dan aktif. Bahkan, mencukupi kadar fosfor dalam tubuh bisa membantu meningkatkan gairah seks.

Itu tadi beberapa manfaat rempah buah kluwek bagi kesehatan.

Baca juga :   BAK: Pembelajaran di Rumah Perlu Kreatif dan Konten Menarik