Piala Menpora 2021
FacebookTwitterEmailGmailWhatsApp

KomitmenKalahkan PSM Makassar lewat adu tendangan pinalti, Persija Jakarta melaju ke partai final Piala Menpora 2021. Bakal menunggu pemenang antara Persib Bandung versus PS Sleman.

Laga semifinal kedua Piala Menpora 2021 kembali mempertandingkan Persija melawan PSM di Stadion Manahan, Solo, Minggu (18/4/2021). Hingga laga selesai dalam waktu normal kedudukan sama kuat 0-0.

Guna menentukan siapa yang berhak melaju ke partai final Piala Menpora 2021 dilanjutkan drama adu tendangan pinalti.

Dari hasil tendangan pinalti tersebut Persija Jakarta mengandaskan perlawanan PSM Makassar dengan skor tipis 4-3.

Kemenangan itu mengantarkan Persija Jakarta melangkah ke final usai menyingkirkan PSM Makassar melalui adu penalti.

Sejak wasit meniupkan peluit memulai jalannya pertandingan babak pertama keduabelah pihak saling melancarkan serangan terbaiknya.

Khususnya Persija Jakarta langsung tampil menekan, beberapa kali anak asuh Sudirman ini menusuk pertahanan benteng Rotterdam PSM, namun belum juga membuahkan gol.

Demikian pula Pasukan Ramang, Juku Eja PSM mencoba membombardir lini belakang Macan Kemayoran, akan tetapi masih bisa ditepis lini belakang membuat PSM mengalami kebuntuan melancarkan serangan.

Pada menit ke-20, PSM sebenarnya memperoleh peluang emas. Menerima bola dari tengah lapangan, Yakob Sayuri langsung mengirim si kulit bundar ke mulut gawang.

Namun, Patrich Wanggai yang sudah berada di area penalti masih terlambat menyambut umpan silang tersebut.

Demikian pula dengan Persija. Lima menit berselang, kembali menebar ancaman lewat Riko yang lagi-lagi melakukan pergerakan di area penalti.

Bola muntah disambut dengan tembakan jarak jauh oleh Alfath Faatier. Akan tetapi, si kulit bundar justru berakhir di pelukan kiper PSM, Hilman Syah. Hingga jeda turun minum babak pertama keadaan sama kuat 0-0.

Memasuki babak kedua, Persija kembali melakukan beberapa ancaman dipertahanan PSM antaranya adalah tendangan jarak jauh yang dilepaskan Rohid Chand kendati bola masih melayang di atas gawang.

Selain itu, sundulan Marko Simic memanfaatkan hasil lemparan ke dalam Tony Sucipto juga belum mampu merobek jaring PSM.

Sementara alur serangan PSM lebih banyak terhenti di tengah lapangan. Beberapa kali percobaan yang dilakukan Rasyid Bakri dan kawan-kawan masih dapat dihalau oleh barisan pertahanan Persija Jakarta.

Pada menit akhir waktu normal, PSM mendapatkan peluang emas. Yakob Sayuri melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Namun, bola berhasil ditepis Andritany Ardhiyasa.

Hingga memasuki waktu normal 45 menit babak kedua berakhir jalannya pertandingan, tidak ada satu gol pun yang mampu diciptakan kedua kubu. Laga tetap bertahan 0-0 dan untuk menentukan tim yang berhak ke partai final, duel dilanjutkan ke adu penalti.

Dalam babak tos-tosan, Persija Jakarta empat algojonya gagal menjalankan tugasnya, yakni Marko Simic, Novri Setiawan, Sandi Sute, serta Riko Simanjuntak.

Sedangkan empat pemain Macan Kemayoran lainnya berhasil menjadi eksekutor penalti adalah Rohid Chand, Yann Motta, Marc Klok, dan Tony Sucipto.

Dari pihak PSM Makassar penendang penalti yang sukses melakukan tugasnya ialah Hasim Kipuw, Rasyid Bakri, dan Sutanto Tan.

Sementara, Abdul Rahman, Yakob Sayuri, Zulham Zamrun, Saldy, dan Zulkifli Syukur gagal melakukan tendangan pinalti menyudahi pertandingan dengan kemenangan Persija 4-3 atas PSM.

Atas kemenangan tersebut Persija Jakarta memastikan diri lolos final Piala Menpora 2021 dan bakal menunggu pemenang antara Persib Bandung versus PSS Sleman.

Baca juga :   Mahesa Jenar Pulangkan Arema FC dari Piala Menpora