hasbunallah

Komitmen, Indonesia – Arti dan makna hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir mengandung banyak penafsiran secara harfiah atau bahasa. Namun, secara substansi sebagian besar ulama dan teks-teks Islam memberikan arti dan makna yang sama rasa syukur atas apa yang telah diberikan oleh Allah SWT dan Allahlah sebagai satu-satunya penolong bagi hambaNya.

Kalimat “hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir” adalah salah satu kalimat dzikir yang banyak dianjurkan. Meskipun terkesan sangat pendek, tetapi ayat “hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir” memiliki arti dan makna yang dalam atas kedekatan dan rasa tawakal kita kepada Allah SWT.

Pada setiap kesempatan selama nyawa masih diberikan kepada kita, maka kita dianjurkan untuk senantiasa berdzikir atau mengingat Allah yang telah memberikan segalanya. Allah memberikan umur sehingga kita masih hidup, Allah memberikan rezki sehingga kita masih bisa makan, minum bersedakah dan banyak hal yang bisa kira kerjakan.

Allah Satu-satunya Penolong

Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maulana waanikman nashir artinya adalah: “Cukuplah Allah sebagai tempat diri bagi kami, sebaik-baiknya pelindung dan sebaik-baiknya penolong kami.”

Angin, hujan, badai, kejahatan dan kemalangan bisa saja datang setiap saat, namun demikian pertolongan dan perlindungan Allah senantiasa datang, sehingga kita bisa terhindar dari segalan marabahaya dan kesialan tersebut, dan hidup bisa kita nikmati jauh lebih banyak dibanding duka lara yang menimpa kita, dan disitulah rasa syukur senantiasa kita panjatkan.

Baca juga :   TBM Lentera Pustaka Gagas Wisata Literasi di Kaki Gunung Salak

Makna hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir Kalimat dzikir ini memiliki makna yang mendalam. Pertama, ayat ini merupakan bentuk ketaqwaan kita kepada Allah. Bentuk dan rasa tawakal kita kepada Allah dengan sepenuhnya menyerahkan diri kepada Allah, tiada tempat berserah diri kecuali hanya kepada Allah.

Dengan kalimat ini, kita menyerahkan segenap jiwa dan raga kepada Allah, menyerahkan segala urusan, beban, dan masalah kita kepada Allah karena Allah lah sebaik-baiknya wakil. Tawakal dan ikhlas menyerahkan sepenuhnya urusan kita kepada Allah adalah salah satu makna hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir.

Kedua, ketika kita dihimpit berbagai problematika kehidupan dunia yang begitu menyesakkan, dirundung duka dan derita, serta masalah-masalah yang berkecamuk, termasuk kesulitan hidup, maka kita hendaknya mengucapkan ayat hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir, Allah tidak akan memberikan cobaan diluar kemampuan hambaNya.

Jika kita terancam dalam suatu hal, maka serahkan saja kepada Allah karena Allah lah sebaik-baiknya penolong dan pelindung kita. Doa hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir yang merupakan wujud ketergantungan (dependen) kita kepada Allah SWt, manifestasi permohonan tolong kita kepada Allah, dan bentuk tawakal untuk mengembalikan segala urusan kepada-Nya.

Baca juga :   Peduli Sesama, Babinsa 02 Besuk Warga Belakang Padang yang Sakit Stroke

Ketiga, makna hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir secara implisit (tersirat) menyatakan ke-esaan Allah sebagai satu-satunya dzat yang patut kita untuk menyerahkan segala urusan, meminta pertolongan, dan memohon perlindungan. Kita dilarang untuk menyerahkan masalah, meminta pertolongan dan memohon perlindungan kepada selain Allah, karena Dia lah sebaik-baiknya dzat yang patut kita sembah dan kita meminta pertolongan.

Yakinkan diri kita bahwa selama-lama ujian dan cobaan kita di dunia hanyalah sebatas umur manusia kurang lebih 60 sampai 100 tahun, dan akhirat tempat kita yang kekal, sebaik-baik kenikmatan dan kesenangan dunia jauh lebih nikmat surga di akhirat yang dijanjikan Allah SWT, dan sebaik-baik hamba adalah yang senantiasa bertaqwa pada Tuhannya.