Piala Menpora 2021
FacebookTwitterEmailGmailWhatsApp

Komitmen, Sleman – Hujan kartu mewarnai Pertandingan PSM Makassar melawan Persija Jakarta di leg pertama babak semifinal Piala Menpora 2021. Dua musuh bebuyutan ini berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Kamis, 15 April 2021 berjalan sengit sejak menit-menit awal.

Boleh dikatakan, Pertandingan PSM Makassar versus Persija Jakarta ini hujan kartu kuning dan satu kartu merah. Sepuluh menit pertama, wasit mengeluarkan lima kartu kuning. Tiga di kartu kuning antaranya diberikan kepada pemain PSM, Sutanto Tan, Erwin Gutawa, dan Zulkifli Syukur.

Sementara, dua lainnya, diterima pemain Persija, Yann Motta dan Marc Klok. Bek Persija Marco Motta juga mendapatkan kartu kuning pada menit ke-21.

Wasit kembali mengeluarkan kartu kuning pada menit ke-57 untuk Ramdani Lestaluhu. Selang semenit, giliran pemain PSM, Yakob Sayuri yang mendapat kartu kuning.

Hingga menit ke-75, baik PSM maupun Persija Jakarta tidak ada yang berhasil mencetak gol. Ketangguhan kiper dari kedua tim menjadi salah satu faktor yang membuat gawang PSM dan Persija masih belum bisa dibobol.

Pada menit 80, Pelatih PSM Syamsuddin Batolla memasukkab Patrick Wanggai Baru masuk lapangan kurang dari tiga menit, Wanggai mendapatkan kartu kuning.

Pada menit ke-83, wasit mengeluarkan kartu kuning untuk pemain PSM, Abdul Rahman. Pemain Persija Marco Motta kembali mendapat kartu kuning kali kedua. Tak ayal Persija pun harus bermain dengan sepuluh pemain setelah Marco Motta mendapat kartu merah dari wasit.

Di menit-menit akhir, pelanggaran masih terus terjadi. Pada menit ke-87, Rasyid Bakri juga mendapat kartu kuning.

Meski unggul jumlah pemain, sayangnya PSM belum mampu merubah keadaa. Hingga pertandingan berakhir skorpun tetap 0-0. Kedua tim akan kembali berhadapan di laga kedua babak semifinal Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo pada Minggu, 18 April 2021.

Persib Bandung melawan PS Sleman

Persib Bandung melawan PS Sleman di leg pertama babak semifinal Piala Menpora 2021 yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Jumat, 16 April 2021.

Pertandingan tanpa penonton itu, seru banget sejak menit awal. Persib Bandung berhasil memenangi leg pertama semifinal Piala Menpora 2021 dengan kemenangan. Maung Bandung menumbangkan Super Elang Jawa dengan skor 2-1.

Sepuluh menit pertama, pertandingan lebih banyak berkutat di lini tengah. Duel antar pemain dari kedua tim terjadi. Ada dua kartu kuning yang dikeluarkan wasit untuk pemain PSS, Saddam Emiruddin Gaffar pada menit ke-4 dan Henhen Herdiana dari Persib pada menit ke-7.

PS Sleman unggul lebih dulu. Gol Super Elang Jawa dilesakkan pada menit ke-20.

Umpan silang Syamsul Arifin, disundul dengan cepat oleh Saddam Gaffar sehingga bola tepat masuk ke gawang tanpa bisa dibendung kiper Persib, I Made Wirawan. Skor 1-0 bagi Sleman.

Dalam laga ini, Persib tidak diperkuat Wander Luiz. Penyerang asal Brasil itu menjalani skorsing setelah laga sebelumnya mendapat kartu merah.

Keunggulan PSS tidak berlangsung lama. Tiga menit berselang, Persib menciptakan gol balasan lewat sundulan kepala Victor Igbonefo yang memanfaatkan bola tendangan sudut dari Febri Hariyadi.


Setelah kedudukan kembali imbang, kedua tim semakin meningkatkan serangannya. PSS mendapatkan peluang emas untuk menciptakan gol pada menit ke-28. Namun, bola tendangan Kim Jeffrey Kurniawan masih melenceng.

Pertandingan di lima belas menit akhir babak pertama berjalan dengan ketat. Kedua tim saling serang. PSS mendapatkan peluang mencetak gol melalui Nicolas dan juga Irfan Jaya pada tambahan waktu babak pertama, tetapi masih belum tepat sasaran.

Memasuki babak kedua, pelatih Persib, Robert Rene Alberts mengubah strategi permainan. Ia menarik Ferdinand Sinaga dan memasukkan Beckham Putra Nugraha.

Persib langsung melancarkan serangannya pada menit awal babak kedua. Farshad Noor mendapatkan kesempatan mencetak gol, tetapi masih gagal menjebol gawang PSS.

Kubu PSS juga nyaris menambah gol melalui Nicolas. Namun, tendangannya masih melebar.

Arsyad Yusgiantoro mengalami cedera sehingga hrus ditarik keluar lapangan dengan ditandu pada menit ke-55. Sebagai penggantinya, pelatih PSS, Dejan Antonic memasukkan Irkham Zahrul Milla.

Persib kembali melakukan pergantian pemain pada menit ke-66. Farshad Noor ditarik keluar dan dimasukkan Abdul Aziz.

Tim berjuluk Pangeran Biru meningkatkan tekanannya saat pertandingan memasuki tiga puluh menit terakhir. Mereka berusaha menggempur lini pertahanan PSS.

Pada menit ke-72, giliran PSS yang melakukan pergantian pemain. Pelatih Dejan langsung memasukkan dua pemain sekaligus, Fitra Ridwan dan Dwi Rafi Angga untuk menggantikan Nicolas dan Saddam Gaffar.

Pertandingan semakin sengit mendekati 15 menit terakhir babak normal. Terjadi duel Frets Butuan dengan Mario Maslac di lini tengah. Keduanya sempat mendapatkan perawatan setelah terjadi duel. Tapi, Mario yang mendapatkan kartu kuning karena dianggap melakukan pelanggaran terhadap Frets.

Memasuki lima menit terakhir, PSS tidak mengendurkan serangannya. Mereka berusaha lebih lama menguasai bola di tengah lapangan dengan umpan-umpan pendek.

Pada menit ke-87, Fabiano Beltrame mendapatkan kartu kuning. Dia dianggap melakukan pelanggaran saat mencoba menutup pergerakan pemain Persib.

Persib mencetak gol keduanya pada tambahan waktu melalui Frets Butuan. Gol ini berawal dari serangan balik. Umpan dari Beckham Putra Nugraha yang mengarah ke depan gawang PSS sempat menimbulkan kemelut sebelum Frets menjebol gawang yang dijaga Ega Rizky, sehingga kedudukan berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan Persib.

Persib Bandung akan kembali menghadapi PSS Sleman di leg kedua babak semifinal Piala Menpora 2021 yang akan berlangsung di Stadion Manahan, Solo, pada Senin, 19 April mendatang.

Baca juga :   Kalahkan PSM Lewat Adu Tendangan Pinalti Persija ke Final