KaDiklat

Komitmen, Makassar – Masa libur bersama hari raya Idul Fitri 1440 H. Seluruh Aparatur sipil negara (ASN) diharuskan kembali bekerja pada hari ini Senin (10/06/2019) untuk menjalankan rutinitas seperti biasanya.

Pemandangan hari pertama kerja belumlah terlalu serius. Lebih bersifat silaturahmi antar rekan kerja, bahkan untuk mengisi kegiatan hari pertama pasca lebaran, BDLHK Makassar mengadakan acara Halal bi Halal sekaligus dirangkaikan penyambutan kehadiran pejabat Kepala Sub Bagian Tata Usaha yang baru Bapak Ibrahim, S.Sos. yang beralih tugas dari BDLHK Pematang Siantar.

Kepala BDLHK Makassar, “berharap seluruh ASN dapat mengambil hikmah bulan ramadhan yang baru saja berlalu. Jadikan Ramadan sebagai bulan latihan ibadah, juga bulan introspeksi diri.”

Lebih lanjut Edi Sulistyo mengajak di hari kemenangan ini, “seluruh jajaran ASN BDLHK Makassar berkinerja lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Selain itu, beliau berharap dengan adanya pejabat defenitif TU yang baru dapat membantu mempercepat realisasi kegiatan dan membenahi persoalan ketatausahaan BDLHK Makassar.”

Baca juga :   Edukator Dana Pensiun di Indonesia Langka: Pentingnya Masa Pensiun Terabaikan

Nampak hadir Kepala P3E Suma, Kepala Tata Usaha dan Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian P3E Suma. Edi Sulistyo selaku Kepala BDLHK yang punya hajatan mengundang para Kepala UPT LHK Lingkup Sulsel dianataranya Kepala Balai Penegakan Hukum Wilayah Sulawesi (Gakkum), Balai PPI dan Karhutlah Wilayah Sulawesi, serta BPHP Wilayah XV Makassar.

Selain itu turut hadir pula, Kepala BP2LHK Makassar, SMK Kehutanan Negeri Makassar, BPTH Wilayah Sulawesi, Balai PSKL Wilayah Sulawesi, BBKSDA Sulawesi Selatan, BPKH Wilayah VII Makassar, BPDAS HL Jeneberang Saddang dan Balai TN Bantimurung Bulusaraung. Keakraban begitu jelas terjalin pada acara Halal bi Halal tersebut.

Disampaikan dalam sambutannya, Kepala BDLHK Makassar, “berharap seluruh karyawan/i dapat mengambil hikmah bulan ramadhan yang telah berlalu. Selain menjadi bulan latihan ibadah, juga merupakan bulan latihan introspeksi diri dan berkinerja baik.”

Beliau berharap dengan adanya pejabat defenitif TU yang baru dapat membantu mempercepat realisasi kegiatan dan membenahi persoalan ketatausahaan BDLHK Makassar.

Baca juga :   Tumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air, Satgas Pamtas Raider 100/PS Melaksanakan Kerja Bakti Serta Pemasangan Bendera Merah Putih

Bahwa tujuan Halal bi Halal adalah mengharmoniskan hubungan kekerabatan.Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Halal bi Halal diartikan sebagai hal maaf-memaafkan setelah menunaikan ibadah puasa Ramadhan, biasanya diadakan di sebuah tempat oleh sekelompok orang. Ensiklopedi Indonesia, 1978, menyebutkan bahwa Halal bi Halal berasal dari Bahasa Arab yang tidak berdasarkan gramatikanya yang benar sebagai pengganti istilah silaturrahmi.

Ustadz Dr. Syahrir Nuhung, Lc., M.Th.I.

Selain itu, hikmah silaturahim yang dibawakan oleh Ustadz Dr. Syahrir Nuhung, Lc., M.Th.I. Dalam tausiyahnya, beliau menekankan pentingnya menjaga persaudaraan dengan menghargai perbedaan pendapat, tidak egois dan menonjolkan diri, menjaga prasangka, dan tidak mencari kesalahan saudaranya.

Acara diakhiri dengan doa bersama dan silaturahim.