Piala Menpora 2021
FacebookTwitterEmailGmailWhatsApp

KomitmenDramatis, sempat bermain imbang Persib Bandung akhirnya mampu mengalahkan Persiraja Banda Aceh. Dimana penampilan perdanya do Piala Menpor 2021 ini Persiraja nyaris merajai event prestise ini.

Sejak menit awal peluit dibunyikan wasit pertandingan Persib Bandung melawan Persiraja Banda Aceh di laga terakhir babak penyisihan Grup D Piala Menpora 2021 berlangsung sengit. Pertandingan berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat, 2 April 2021. Laga ini dimulai pukul 18.15 WIB dan disiarkan tanpa penonton.

Tim berjuluk Laskar Rencong ini mendominasi permainan di sepuluh menit pertama. Beberapa kali mereka berhasil menyulitkan lini pertahanan tim Maung Bandung, sepuluh menit pertama beberapa kali Laskar Rencong berhasil menyulitkan lini pertahanan tim Maung Bandung.

Pada menit ke-13, Persib mendapatkan peluang emas untuk mencetak gol lewat tendangan bebas yang dilakukan Febri Haryadi. Namun, tidak bisa dimaksimalkan pemain Maung Bandung, meski sempat terjadi kemelut di depan gawang Persiraja Banda Aceh.

Upaya Persib Bandung menjebol gawang Persiraja berbuah manis menit ke-24 lewat gol Wander Luiz. Gol itu tercipta dari pergerakan cepat yang dilakukan Febri. Dia menekan ke lini pertahanan Persiraja melalui sisi kanan, masuk ke kotak penalti, kemudian mengirimkan umpan ke arah Wander Luiz dan diselesaikan dengan baik lewat sundulan kepala. Skor berganti 1-0.

Pada menit ke-28 Persiraja Banda Aceh mendapatkan tendangan bebas dari posisi dekat dengan kotak penalti. Namun, bola sepakan pemain tim Laskar Rencong masih mengenai pemain Persib.

Lima belas menit terakhir babak pertama, pertarungan Persib kontrak Persiraja semakin sengit. Duel antar pemain tercipta. Beberapa pemain mendapatkan kartu kuning karena melakukan pelanggaran.

Pada menit ke-44, Persiraja mendapat kesempatan tendangan bebas dekat dengan kotak penalti. Namun, tendangan Silvo Escobar Benitez masih melambung jauh di atas mistar gawang Persib.

Persib nyaris bisa menambah gol pada injury time di babak pertama lewat Febri Hariyadi. Dia berhasil mengecoh pemain belakang Persiraja dan juga melewati kiper Fakrurrazi, tetapi bola tendangannya mengenai tiang gawang.

Memasuki babak kedua, saat pertandingan kembali dimulai, Frets Butuan langsung memberikan ancaman di lini pertahanan Persiraja. Namun, pergerakannya berhasil dihentikan pemain belakang Persiraja.

Pada menit ke-47, Wander Luiz mempunyai kesempatan untuk mencetak gol keduanya. Ia yang sudah di depan gawang Persiraja, mendapatkan umpan matang dari Farshad Noor. Namun bola tendangannya masih melambung.

Persiraja terus memberikan tekanan ke lini pertahanan Persib sehingga merepotkan lini pertahanan Maung Bandung. Pada menit ke-56, tendangan sepak pojok pemain Persiraja tepat sasaran ke gawang tapi bola masih dapat ditangkap kiper Teja Paku Alam.

Memasuki 30 menit terakhir, pelatih Persib Robert Rene Alberts mengubah strategi permainan timnya. Dia memasukkan dua pemain muda, Beckham Putra Nugraha dan Bayu Muhammad Fiqri untuk menggantikan Farshad Noor dan Zalnando.

Sementara, pelatih Persiraja, Hendri Susilo melakukan satu pergantian pemain. Dia memasukkan Eriyanto untuk menggantikan Rendy Saputra.

Di babak kedua, banyak terjadi duel antar pemain begitu dahsyat.

Pada menit ke-71, Persib kembali melakukan pergantian pemain. Ferdinand Sinaga masuk menggantikan Wander Luiz. Selain itu, Frets Butuan juga ditarik dan dimasukkan Esteban Vizcarra.

Ferdinand Sinaga yang masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua, mempunyai kesempatan mencetak gol pada menit ke-80. Dia telah berhasil masuk ke kotak penalti, tetapi bola tendangannya masih melenceng dari gawang Persiraja.

Saat pertadingan menyisakan lima menit untuk waktu normal, pelatih Persiraja melakukan tiga pemain dalam waktu hampir bersamaan. Zamrony, Ramadhan, dan Vivi Asriza diturunkan untuk menggantikan Defri Rizki, Gabriel Do Carmo, dan Escobar Benitez.

Menjelang pertandingan berakhir, penyerang Persib Ezra Walian ditarik digantikan Saiful.

Pada menit ke-89, Persiraja berhasil menyamakan kedudukan 1-1. Assanur Rizal mencetak gol lewat sundulan kepala setelah mendapatkan umpan dari rekannya.

Ferdinand Sinaga mencetak gol pada injury time sehingga Persib kembali unggul 2-1. Gol ini berkat assist dari Beckham Putra Nugraha.

Kemenangan yang diraih Persib Bandung atas Persiraja Banda Aceh di laga terakhir babak penyisihan ini membuat tim asuhan Robert Rene Alberts lolos ke perempat final Piala Menpora 2021.

Tim Maung Bandung keluar sebagai juara Grup D dengan tujuh poin. Sebelumnya, Bali United sudah lebih dulu memastikan lolos ke babak delapan besar setelah bermain imbang 1-1 melawan Persita Tangarang.

Baca juga :   Imunitas yang kuat Berkomitmen Lawan Covid-19