Download Aplikasi Catat Meter Terpusat Terbaru (Resmi) 2023

Aplikasi Catat Meter Terpusat merupakan aplikasi yang berfungsi untuk memudahkan petugas pencatat meteran listrik mengirimkan data kilometer pelanggan kepada PLN secara langsung. Kamu udah download aplikasi Catat Meter Terpusat terbaru?

Tentang Aplikasi Catat Meter Terpusat

download aplikasi Catat Meter Terpusat terbaru

Aplikasi Catat Meter Terpusat atau disingkat ACMT PLN merupakan aplikasi yang berbasis web dan Android yang dikembangkan khusus untuk petugas pencatat meteran listrik.

Aplikasi Catat Meter Terpusat diciptakan dengan memperhatikan daerah-daerah pedesaan, khususnya untuk para pelanggan yang masih memakai kilometer konvensional atau pascabaya di rumah pelanggan.

Sebelum adanya aplikasi ini, petugas pencatat kilometer sering direpotkan dengan birokrasi yang ribet. Bahkan petugas tersebut seringkali harus pergi ke kantor PLN terdekat untuk menyetorkan data, setelah itu barulah data yang ada di PLN lokal dikirimkan ke pusat.

Aplikasi ACMT PLN diluncurkan untuk tujuan memermudah kerja petugas lapangan dalam melakukan pencatatan meteran listrik secara digital.

Setelah itu, mengirimkan data kilometer para pelanggan secara otomatis ke PLN Pusat. Jadi petugas tidak direpotkan lagi seperti sebelum-sebelumnya.

Dengan download aplikasi Catat Meter Terpusat terbaru maka pertugas yang bekerja di kantor pusat dapat langsung mengolah data-data dari laporan yang diterima petugas lapangan.

Karena semua telah tercatat secara otomatis pada sistem tanpa harus menginput secara manual. Selanjutnya, dalam aplikasi tersebut data yang masuk akan lebih akurat sebab punya bukti foto meteran dan tag GPS yang diinput oleh petugas PLN yang berwenang.

Cara Download Aplikasi Catat Meter Terpusat Terbaru

Aplikasi Catat Meter Terpusat punya PLN ini tak akan pernah kamu temukan aplikasinya di layanan Google Play Store. Mengapa?

Hal tersebut karena memang aplikasi Catat Meter Terpusat ini bukan merupakan aplikasi yang dapat bebas diakses untuk semua orang, melainkan hanya diperuntukkan bagi petugas PLN.

Dengan begitu, bagi kamu yang memerlukan aplikasi ini, kamu dapat melakukan akses melalui situs web dengan mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

  1. Download aplikasi Catat Meter Terpusat terbaru PLN dari situs dengan memasukkan alamat portalapp.iconpln.co.id/acmt/
  2. Kamu perlu memasukkan username dan password kemudian menekan tombol Login. Situs web ini hanya bisa diakses para petugas PLN yang terkait.

Jika tak punya akses, kamu dapat meminta username dan password kepada bagian operator PLN di kantor kamu.

  • Setelah itu, download aplikasi dengan menekan tombol Download kemudian tunggulah hingga proses mengunduh selesai dilakukan.

Instal Aplikasi Catat Meter Terpusat

Beberapa HP mungkin tak mengizinkan untuk melakukan instal aplikasi di luar aplikasi Google Play Store. Lalu, apa yang harus kamu lakukan?

Bila demikian maka kamu harus melakukan perubahan terhadap pengaturan izin instal aplikasi di perangkat HP kamu dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Kamu perlu masuk ke menu pengaturan pada ponsel dan buka bagian Keamanan.
  2. Klik opsi Sumber Tidak Dikenal, selanjutnya jendela notifikasi akan muncul pada layar.
  3. Proses dilanjutkan dengan mengklik OK.
  4. Bila sudah, bukalah folder Download dan carilah file aplikasi Catat Meter Terpusat PLN yang telah diunduh.
  5. Klik file tersebut kemudian ikuti semua petunjuk yang ada sampai proses penginstalan selesai dilakukan.

Baca juga: 10 Aplikasi Penghasil Uang Resmi dari Pemerintah [Resmi]

Fitur pada Aplikasi Catat Meter Terpusat

Setelah kamu mengetahui bagaimana cara download aplikasi Catat Meter Terpusat terbaru yang telah dijelaskan diatas, perlu kamu ketahui pula fitur yang ada di dalam aplikasi tersebut.

Sebagai aplikasi yang langsung terintegrasi langsung dengan database PLN pusat, maka aplikasi Catat Meter Terpusat PLN ini punya banyak fitur yang gunanya memudahkan pekerjaan dan membuat pengukuran akuran.

Adapun beberapa fitur yang ada di dalam aplikasi Catat Meter Terpusat, diantaranya:

  • Data master terkait kedudukan para pelanggan
  • Data pembaca besaran meter dari para pelanggan
  • Data RBM para pelanggan
  • Data koreksi atau klaim yang diajukan oleh pelanggan
  • Data urutan langkah dari koreksi RBM
  • Data pemakaian listrik yang abnormal atau tak biasa
  • Hasil rekapitulasi KWH para pelanggan
  • Hasil rekapitulasi kode pesan yang dipakai para pelanggan
  • Hasil kontrol baca meter oleh para petugas PLN
  • Informasi tentang biaya pelanggan setiap bulannya serta tunggakan
  • Dapat menampilkan saldo
  • Rekapitulasi terhadap data Stand
  • Bisa kirimkan tagihan lewat pesan
  • Termuat di dalamnya informasi tentang pengguna yang belum terbaca
  • Histori dari stand meter
  • Terima stand angka meter
  • Data serta file berupa foto langsung dikirimkan ke server online

Cara Menggunakan Aplikasi Catat Meter Terpusat

Download Aplikasi Catat Meter

Bila kamu sudah download aplikasi Catat Meter Terpusat terbaru maka perlu kamu ketahui pula bagaimana cara penggunaan aplikasi ini.

Adapun cara penggunaan dari aplikasi Catat Meter Terpusat ini yaitu cukup mudah, para petugas PLN di lapangan tentu saja telah mempelajarinya dengan baik terlebih dahulu.

Caranya pertama yakni petugas lakukan scan meteran di setiap rumah pelanggan PLN. Selanjutnya aplikasi tersebut akan langsung terhubung ke server pusat.

Jika sudah begitu maka data akan diolah oleh PLN pusat sehingga bisa memberikan informasi hal yang diperlukan terkait dengan biaya tagihan listrik dan informasi lainnya.

Baca juga: Cara Menghapus Akun DANA Premium Tercepat

Manfaat Aplikasi Catat Meter Terpusat

Bagi pelanggan, petugas, atau PLN download aplikasi Catat Meter Terpusat terbaru memiliki beberapa manfaat. Adapun manfaat dari aplikasi ACMT tersebut, diantaranya:

1. Memudahkan Pengelolaan Data

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa sebelum ada aplikasi ini semua proses yang ada dilakukan manual dan semuanya dicatat secara manual.

Belum lagi proses birokrasinya yang panjang, membuat laporan data yang ada tak dapat dievaluasi dan diperoleh secara menyeluruh dalam sewaktu.

Inilah peran penting aplikasi ACMT PLN, dimana prosesnya bisa langsung dikelola sehingga semua data yang masuk langsung dikirimkan ke database pusat yang senjutnya langsung diolah pihak PLN pusat.

2. Akurasi Data

Sistem yang dipakai aplikasi ini berupa foto dan tag lokasi. Sehingga data yang masuk bukan merupakan hasil manipulasi atau lainnya.

Adanya sistem tersebut, membuat PLN dan para petugas lapangan tak akan menemukan kesulitan yang berarti.

Akurasi data mudah untuk diperoleh dan ditemukan. Sehingga laporan dari hasil catata yang ada tak dapat dimodifikasi dan sifatnya real time.

3. Kenyamanan Para Petugas Lapangan

Sebelumnya para petugas lapangan harus membuat dan memantau semuanya secara manual. Sehingga hal tersebut membuat para petugas lapangan harus membuat laporan dengan tangan.

Jika begitu bisa saja semua data yang ada mengalami kesalahan dan kelupaan. Namun, adanya aplikasi ini membuat semua pekerjaan akan menjadi lebih mudah.

Adanya aplikasi Catat Meter Terpusat ini mampu memberikan manfaat yang besar kepada para petugas lapangan PLN.

Itulah beberapa penjelasan mulai dari download aplikasi Catat Meter Terpusat terbaru, cara download, instal, fitur, penggunaan, serta manfaatnya. Dengan aplikasi ini maka petugas lapangan PLN tak repot-repot lagi kumpulkan perhitungan listrik.