Cara Upgrade DANA Premium Tanpa dan Dengan KTP

Akun DANA yang sudah terverifikasi akan berubah menjadi akun premium. Lalu, bagaimana cara upgrade DANA premium baik dengan ataupun tanpa KTP? Simak pembahan lengkapnya di bawah ini.

Tentang DANA

DANA merupakan salah satu e-wallet atau dompet digital yang ada di Indonesia. Aplikasi ini dikembangkan untuk menjadikan setiap transaksi non tunai dan non kartu secara digital.

Transaksi non tunai dan non kartu secara digital tersebut dilakukan baik online ataupun offline bisa berjalan dengan cepat, praktis, dan tentunya terjamin keamanannya.

Sementara, akun DANA premium merupakan akun pengguna yang sudah melewati verifikasi 2 langkah yaitu verifikasi biometrik dan indentitas.

Bagaimana, kamu tertarik untuk memakai DANA? Jika ya, kamu harus tahu tentang apa saja layanan yang tersedia di platform e-wallet yang satu ini.

Keuntungan Memakai Aplikasi DANA

Sebelum kamu tahu tentang bagaimana cara upgrade DANA premium, beberapa keuntungan memakai DANA untuk para pengguna ini perlu kamu ketahui. Adapaun keuntungan tersebut, diantaranya:

1. Membeli Pulsa

Salah satu keuntungan yang akan kamu rasakan saat memakai aplikasi DANA yaitu membeli pulsa. Saat menggunakan DANA maka kamu tak perlu repot-repot lagi ke luar rumah untuk mencari konter untuk mengisi pulsa bila pulsa nomer kamu habis.

Hal tersebut karena kamu dapat membeli pulsa melalui aplikasi DANA yang sudah kamu instal di perangkat yang digunakan. Praktis dan cepat, bukan?

2. Membayar Tagihan Bulanan

Tak hanya pulsa, tagihan bulan seperti listrik, PDAM, BPJS Kesehatan, premi asuransi, internet, TV kabel, dan lainnya bia kamu lakukan di aplikasi DANA.

Tentu saja cara ini sangat cocok untuk kamu yang tak memiliki waktu yang banyak untuk pergi keluar membayarnya.

3. Membayar Belanja di Merchant Online dan Offline

DANA tak hanya dapat dipakai untuk bisa membayar barang yang kamu beli secara online saja, seperti tiket bioskop atau voucher game.

Akan tetapi juga dapat kamu pakai untuk melakukan pembayaran di merchant offline. Saat ini telah banyak merchant offline yang terima pembayaran via DANA terutama di pusat mal besar/ pusat perbelanjaan.

Cara Upgrade DANA Premium Tanpa KTP

Melihat keuntungan yang akan kamu rasakan saat menggunakan aplikasi DANA, bagaimana kamu tertarik untuk mengupgrade DANA ke premium? Simak langkah upgrade DANA premium tanpa KTP berikut ini:

1. Download dan Instal Aplikasi

Sebelum melakukan upgrade tentu saja kamu harus punya aplikasi DANA terlebih dahulu. Oleh sebab itu, download aplikasi DANA di layana Google Play Store atau App Store.

Setelah kamu menemukan aplikasi DANA tersebut di Play Store atau App Store selanjutnya lakukan instal di perangkat yang kamu gunakan.

Setelah instal aplikasi DANA berhasil dilakukan barulah kamu bisa melanjutkan cara upgrade DANA tanpa KTP.

2. Masukkan Nomor HP

Setelah aplikasi DANA berhasil terpasang di perangkat yang kamu gunakan, langkah selanjutnya yaitu membuka aplikasinya.

Saat kamu membuka aplikasi DANA pertama kali, kamu akan melihat tampilan dengan kolom yang perlu kamu isikan nomor HP.

Tanpa lama-lama lagi, isikan nomor HP yang masih aktif dan tunggulah sampai kamu mendapatkan notifikasi berupa SMS verifikasi dari DANA.

3. Masukkan Kode Referral yang Dikirim

Setelah itu, kamu bisa melanjutkan prosesnya dengan memasukkan kode referral. Kamu bisa masukkan kode referral tersebut dari orang lain yang sudah punya akun DANA.  

Isikan kode referral tersebut pada kolom yang tersedia. Pastikan kode tersebut kamu isikan dengan benar.

4. Buat PIN Aplikasi DANA

Setelah kamu berhasil memasukkan DANA, selanjutnya kamu akan diminta untuk membuat PIN DANA.

PIN DANA ini berfungsi untuk menjaga keamanan dan bisa bertransaksi dengan mudah dan cepat. Kamu diminta memasukkan password atau PIN untuk akses DANA dimana terdiri dari 6 digit angka.

Cara Upgrade DANA Premium Dengan Menggunakan KTP

Perlu kamu ketahui bahwa aka nada banyak sekali keuntungan bila akun DANA sudah upgrade premium. Adapun langkah-langkah membuat akun DANA kamu menjadi premium, informasinya bisa disimak dibawah ini.

  • Sebelum lakukan transfer DANA ke dalam rekening bank, kamu perlu memastikan bahwa akun DANA yang kamu miliki tersebut sudah premium. Adapun cara upgradenya bisa kamu lakukan seperti dibawah ini.
  • Download dan instal aplikasi DANA di perangkat yang kamu gunakan. Kamu bisa mendapatkan aplikasi DANA ini di layanan Google Play Store atau App Store. Selanjutnya, lakukan instal.
  • Setelah aplikasi berhasil terpasang, buka aplikasi DANA tersebut maka kamu akan berada di halaman utama aplikasi.
  • Tekan tombol Verifikasi Akun Anda yang bisa kamu temukan di halaman utama atau halaman profil.
  • Selanjutnya, klik tombol Unlock Now untuk memulai proses upgrade DANA premium.
  • Setelah itu, ambil foto KTP yang kamu punya. Adapun hal yang harus kamu siapkan yaitu mengunggah KTP. Pastikan foto kartu identitas kamu bisa terlihat dengan jelas dan tak buram.
  • Selanjutnya, kamu akan diminta untuk melakukan verifikasi wajah. Kamu perlu mengedipkan mata untuk ambil foto selfie karena tak tersedia tombol shutter.
  • Masukkan atau ketikkan nomor Kartu Keluarga (KK).
  • Kemudian klik Submit dan tungulah sampai proses verifikasi selesai dilakukan.

Proses upgrade DANA premium saat ini cukuplah cepat dilakukan. Bahkan hanya dalam beberapa jam saja kamu telah bisa menikmati fitur DANA premium seperti tarik saldo dan kirim dana.

Bila akun yang kamu miliki telah terverifikasi, kamu dapat melihat bahwa Menu Saya di halaman utama, tampilannya akan berubah.

Penyebab Gagal Saat Registrasi Upgrade DANA Premium

Kamu mengalami kendala saat upgrade DANA premium? Ketahui beberapa kemungkinan penyebab yang membuat kamu gagal saat melakukan registrasi DANA premium berikut ini:

  • Pastikan kartu identitas KTP yang kamu gunakan belum terdaftar pada aplikasi DANA.
  • Satu KTP hanya bisa digunakan untuk satu akun DANA saja. Bila sebelumnya kamu telah menggunakan KTP yang sama untuk mendaftar akun DANA maka hal tersebut tak bisa dilakukan.
  • Pastikan kualitas kamera serta pencahayaan yang kamu gunakan saat mengambil foto KTP dalam keadaan terbaik. Sehingga forto KTP yang kamu ambil bisa terlihat jelas dan tidak buram sehingga bisa terbaca dengan jelas.
  • Pastikan pula dokumen KTP kamu bisa dengan jelas terbaca artinya tidak ada bagian yang pudar bahkan hilang.

Dengan begitu, kamu bisa mengambil foto KTP secara utuh dan bisa terbaca dengan jelas oleh sistem.

Itulah bagaimana cara upgrade DANA premium yang bisa kamu lakukan. Berdasarkan penjelasan diatas kamu bisa melakukan upgrade DANA premium baik dengan ataupun tanpa menggunakan KTP.

Setelah kamu lakukan upgrade ke DANA premium maka akan lebih banyak lagi keuntungan yang kamu rasakan. Bagaimana, kamu tertarik untuk upgrade?