Cara Main Game PS2 di Android dengan Mudah

Pernah kepikiran untuk bermain PS2 kembali sekarang ini? Ternyata kamu bisa, lho bermain PS2 langsung di HP. Penasaran bagaimana cara main game PS2 di Android? Simak pembahasannya berikut ini.

Hal yang Dibutuhkan Sebelum Main Game PS2 di Android

Cara Main Game PS2 di Android dengan Mudah

Sebelum kamu tahu bagaimana cara main game PS2 di Android, kamu perlu tahu tentang apa saja hal yang perlu kamu siapkan supaya bisa bermain. Oleh sebab itu, mari simak secara lengkap.

Perlu kamu ketahui bajwa supaya kamu bisa bermain game dari konsol Play Station atau PS2 di Android maka kamu perlu mendownload emulator dahulu.

Ada banyak sekali emulator yang dapat kamu gunakan misalnya seperti Play dan RetroArch. Emulator-emulator tersebut bisa kamu download secara gratis tanpa berbayar.

Namun, ada pula emulator yang berbayar. Atau bila hal demikian terlalu ribet untuk kamu maka kamu bisa lansung mendownload semua permainanya di beberapa situs yang menyediakan game PS2 seperti CoolROM, RomsMania, dan masih banyak lagi lainnya.

Tak hanya itu, kamu jga memerlukan ponsel gaming. Tak perlu mahal, kamu bisa menggunakan ponsel gaming versi murah saja supaya dapat bermain tanpa alami lag.

Setidaknya HP Android yang kamu gunakan punya spesifikasi chipset Octa-core dengan minimal RAM yaitu 4 GB.

Baca juga: FR Legends Mod Apk Unlimited Money Versi Terbaru 2022

Panduan Cara Main PS2 di Android Secara Offline

Untuk dapat bermain permain PS2 di Android maka tentu saja pertama kamu harus download emulator PS2 dimana contohnya telah disebutkan sebelumnya.

Cara main game PS2 di Android memakai emulator tersebut sangat mudah dilakukan sebab sudah lengkap dengan BIOS dan kamu pun bisa langsung menggunakannya dengan mudah tanpa pengaturan yang susah.

Selanjutnya sebelum bermain pastinya kamu memerlukan beberapa game PS2 terbaik seperti GTA: San Andreas dan game lainnya.

Bila kamu masih memiliki kaset game PS2 original maka kamu dapat membuat langsung file ISO dengan memakai aplikasi seperti UltraISO.

Tapi bila kamu tak punya maka kamu dapat langsung mengunduh secara gratis di situs download yang sebelumnya telah disebutkan.

Cara Main PS2 di Android

Walaupun HP Android kamu tampilannya jauh lebih kecil dibandingkan dengan laptop atau PC, main PS2 di Android tak perlu khawatir patah-patah atau lag.

Jadi pastikan sebelum bermain, kamu menggunakan HP Android dengan spesifikasi yang telah disebutkan sebelumnya.

Ada beberapa cara main game PS2 di Android menggunakan emulator, diantaranya:

1. Cara Bermain Game PS2 di Android dengan Play!

Play! merupakan salah satu emulator PS2 di Android terbaik sebab sangat mudah digunakan dan juga ringan. Sehingga tak heran bila banyak pemain yang menggunakan emulator yang satu ini.

Adapun bagaimana cara bermain PS2 di Android dengan menggunakan emulator ini kamu bisa menyimak langkahnya berikut ini:

  • Download emulator Play!
  • Selanjutnya, download file ISO melalui beberapa situs yang telah disebutkan sebelumnya, Bila kamu menemukan file masih berbentuk .zip maka lakukan ekstrak
  • Buka aplikasi emulator Play! Klik ikon menu yang ada di kiri atas, kemudian pilih menu Unsorted untuk melihat daftar permainan yang terdapat di perangkat HP Android kamu
  • Bila permainan kamu tidak keluar, klik ikon menu, kemudian klik Settings dan dilanjutkan dengan klik UI Settings. Berikutnya klik pilihan Rescan Storage
  • Pada layar Unsorted, pilihlah game yang telah dimasukkan di perangkat. Kamu bisa mengabaikan file SLUS-XXXXX, sebab file tersebut merupakan file BIOS untuk PS2
  • Tunggulah hingga proses loading berhasil terselesaikan
  • Setelah itu, barulah kamu sudah dapat main game PS2 yang ingin kamu mainkan di Android
  • Bila kamu sudah puas bermain game PS2 di Android, kamu bisa swipe ke kanan di layar untuk buka menu. Klik pilihan Exit untuk keluar dari aplikasi

Itulah cara main game PS2 di Android menggunakan emulator Play! Bagaimana, mudah bukan? Tapi bila kamu masih penasaran dengan menggunakan emulator lain maka kamu bisa menyimaknya dibawah ini.

2. Cara Bermain Game PS2 di Android dengan RetroArch

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa selain emulator Play! cara main game PS2 di Android juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan emulator RetroArch.

Bagaimana, penasaran bagaimana cara melakukannya? Yuk, simak cara bermainnya berikut ini:

  • Download emulator PS2 di Android RetroArch
  • Kamu perlu memastikan bahwa ISO dari games yang akan kamu mainkan sudah terdapat di HP
  • Buka aplikasi emulator RetroArch
  • Pada beranda utama aplikasi, klik pilihan Load Core, kemudian di layar berikutnya  klik opsi Download a Core
  • Geser ke layar bawah untuk temukan opsi Sony-Playstation 2. Klik pada opsi tersebut kemudian tunggulah beberapa detik saja hingga proses download berhasil terselesaikan
  • Setelah proses pengunduhan berhasil terselesaikan, klik ikon Back untuk membawa kamu kembali ke beranda utam
  • Klik Load Core, kemudian pilih opsi Sony-Playstation 2
  • Selanjutnya, kamu ada kembali berada di beranda utama. Klik Load Content, kemudian navigasikan ke folder tempat dimana kamu menyimpan game.
  • Klik game yang ingin kamu mulai mainkan
  • Sekarang kamu sudah dapat bermain secara langsung game PS2 di Android. Kamu bisa bermain dengan puas untuk memuaskan rasa kangen kamu terhadap permain game PS2
  • Di tengah permainan, klik ikon RetroArch untuk membuka membuka menu. Untuk berhenti bermain dan keluar dari permainan maka kamu bisa klik Close Content

Kenapa Harus Bermain Game PS2 di Android?

game ps paling seru

Kira-kira alasan apa yang membuat banyak orang mencari cara main game PS2 di Android? Tentu saja tidak ada alasan lain melainkan untuk menghilangkan rasa penasaran dengan game PS2.

Tak sedikit juga pemain yang hanya ingin melakukan nostalgia game PS2 yang telah dimainkannya dulu. Perlu kamu ingat bahwa bila ingin bermain game PS2 di Android maka kamu perlu menyiapkan emulator.

Baca juga: 9+ Game Penghasil Saldo Dana Terbukti Cair Hingga Jutaan

Kamu bisa mengunduh emulator di layanan Google Play Store atau mencari dalam bentuk file mentahan di mesin pencari Google.

Emulator Damon PS2 merupakan emulator yang disarankan selain dua emulator yang telah disebutkan diatas. Emulator ini merupakan emulator yang paling stabil. Teradapat 2 versi yakni versi pro dan non-pro.

Untuk versi pro tentunya kamu bisa melakukan permainan dengan bebas karena terbebas pula dari iklan. Ditambah lagi terdapat fitur premium yang tentunya saja bisa memudahkan kamu bermain PS2 di Android.

Sementara bila kamu menggunakan non-pro maka kamu diwajibkan menonton iklan dengan durasi sekitar 30 detik agar dapat bermain dan melanjutkan permainan. Bila kamu penasaran dengan emulator yang satu ini, kamu bisa langsung mencoba mendownlodnya.

Demikian pembahasan kali ini tentang cara main game PS2 di Android termasuk hal-hal apa saja yang harus kamu siapkan agar dapat bermain PS2 di Android. Bagaiman, kamu tertarik untuk mencobanya? Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti artikel terbaru lainnya ya.