Buku Warna Merah

Komitmen – Buku warna merah menyala itu judulnya Catatan Najwa Shihab. Konon warna merah itu artinya berani.

Bukan asal berani konyol, melainkan berani karena membela kebenaran ini diberi judul Catatan Najwa Shihab sang pemilik acara Mata Najwa. Sekaligus produsernya Narasi.

Selain ditulis langsung oleh Najwa Shihab, sampul buku warna merah itu terpampang foto mbak Nana sapaan akrab Najwa Shihab. Uniknya foto tersebut hanya memperlihatkan mata. Hal ini karena memang menonjolkan Mata Najwa.

Buku terbitan Literati ini Cetakan pertamanya terbit pada, November 2016. Untuk Cetakan kedua, Desember 2016, cetakan ketiga, Februari 2017.
Bukunya sendiri memiliki tebal 208 Halaman, 19 cm.

Buku yang diberi judul “Catatan

Najwa” yang menjadi salah satu best seller dalam pemasarannya ini tidak lepas dari pengalaman-pengalaman Najwa Shihab menjadi hakim di program talkshow dengan mewawancari narasumber dan kebanyakan berbau politik dan hukum tentang tema yang diangkat.

Dalam buku tulisan Najwa Shihab ini juga memberikan satu penjelasan mengenai berbagai macam polemik dan kritikan tentang isu di Republik Indonesia mulai dari kisah insfiratifhingga seruan untuk membela dan melawan korupsi yang begitu masif, terstruktur dan sistematis di negeri ini.

Buku warna merah ini menyajikan pemaknaan kata memakai bahasa baku mungkin bagi sebagian khalayak akan susah dimengerti, karena disamping harus mencari arti dari setiap katanya.

Akan tetapi buku merah ini sangat cocok bila dikaitkan dengan kaum intelektual yang ingin mempelajari tentang cerita-cerita tokoh bangsa pembawa perhatian di Republik ini. Isi yang disuguhkan di dalamnya akan sangat menginspirasi semua lewat pemakaian dari setiap kata yang di sajikan.

Najwa Shihab atau akrab di panggil dengan sebutan mbak “nana” adalah seorang lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia dan memperoleh gelar Legal Law Master dari Melbourne Law School di Australia dan sekarang orang mengenalnya sebagai seorang jurnalis yang dipercaya mengelola program mingguan yaitu Mata Najwa yag tayang di salah satu statiun televisi di Indonesia.

Beberapa tahun mengabdi menjadi seorang jurnalis prestasi yang di dapati oleh mbak “nana” sangat menjadi insfiratif salah satunya ia terpilih sebagai insan pertelevisian terbaik dalam ajang Panasonic Global Awards (2016) Presenter talkshow terfaforit Panasonic Gobel Award (2015) dan ditunjuk menjadi duta Baca Indonesia (2016 – 2020), dan di akhir karirnya menjadi tuan rumah “Mata Najwa” mbak nana akhirnya menerbitkan satu buku tentang perjalanannya sepanjang program mata dihelat dan dituangkan dalam bentuk karya tulis.

Generasi muda merupakan generasi yang akan menggantikan generasi yang sudah lama berada di atap bumi ini. Ada banyak sekali negeri di seantero dunia ini, hanya satu yang menjadi tanah air kita yaitu Indonesia ialah keniscayaan.

Di Republik inilah kita pertaruhkan, negeri yang indah dan elok permai, yang membuat air mata perantau jatuh berderai, sebuah negeri yang ragam budaya tak terbantah, diberkati kekayaan alam yang berlimpah, tapi kebanggaan tak berarti apa-apa, jika warga negara tak berbuat apa-apa, lalu bagaimana caranya mengabdi, merawat Indonesia yang kita miliki ? dan apalah artinya ijazah yang menumpuk jika kepedulian dan kepekaan tidak ikut dipupuk, apa gunanya sekolah tinggi-tinggi jika hanya perkaya diri dan sanak family sepenggal kata dari Najwa Shihab.

Kesimpulannya, Buku “Mata Najwa” berwarna merah tersebut merupakan buku yang sangat layak untuk dibaca dan bagi kaum literati tentu saja akan mendapatkan sepenggal pengetahuan yang belum di dapatkan dari manapun lewat pemakaian makna kata kata yang di gunakannya.

Kisah-kisah inspiratif menjadi satu pemandangan yang akan mengkhiasi keseluruhan isi di dalam buku Mata Najwa yang tercatat sebagai Duta Baca ini.

Baca juga :   PKK Sulsel Berkomitmen Ringankan Beban Warga yang Terpapar Covid-19