Leonel Messi
FacebookTwitterEmailGmailWhatsApp

KomitmenBrasil bakal bentrok hidup mati melawan Argentina. Pemain andalan mereka, Neymar dan Messi akan menjadi sorotan publik di Final ideal Copa America 2021.

Meski tanpa kehadiran penonton di Stadion, hal itu tidak menghalangi kedua icon Brasil dan Argentina bakal menjadi tranding topik berbagai media lokal mapun internasional. 

Pengamat sepakbola memprediksi pertarungan kedua bintang rumput hijau Neymar dari Brasil dan Messi dari Argentina di Final Copa America 2021 bakal menjadi sejarah baru.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Brasil berhasil ke partai puncak Copa America 2021 setelah memulangkan Peru dengan skor tipis 1-0 yang ditentukan gol tunggal Lucas Paqueta.

Argentina yang akrab disapa Tim Tango ini melangkah ke Final setelah merontokkan perlawanan Kolombia lewat drama adu penalti.

Dalam drama adu penalti, kiper Emiliano Martinez menjadi pahlawan Argentina, setelah ia menggagalkan 3 eksekusi pemain Kolombia.

Semifinal Copa America berlangsung di Estadio Nacional de Brasilia, Rabu (7/7/2021) pagi WIB. 

Memasuki babak pertama Tim Tango unggul cepat. Menit ke-7 Giovani Lo Ceso melepas umpan terukur ke Lionel Messi yang menusuk ke kotak penalti. La Pulga dengan cerdiknya mengontrol bola, lalu menyodorkan bola kepada Lautaro Martinez. Lautaro kemudian melepas tembakan ke pojok kiri gawang Kolombia dan Argentina unggul 1-0.

Tertinggal, Kolombia nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-36. Wilmer Barrios melepas sepakan voli menyambar bola liar halauan dari Nicolas Otamendi. Namun, upayanya ini masih menerpa tiang gawang.

Baca juga :   Perjuangan Sengit Real Madrid Pesta Atletico Madrid

Argentina punya kesempatan untuk menggandakan kedudukan di menit ke-44.Sepak pojok Messi bisa ditanduk oleh Nicolas Gonzalez. Sundulan Gonzalez ini gagal berbuah gol usai David Ospina melakukan penyelamatan gemilang. Keunggulan sementara 1-0 untuk Argentina bertahan hingga turun minum.

Selepas jeda, Kolombia tampil menekan memburu gol penyeimbang. Kolombia terus menekan pertahanan Argentina yang mengendorkan permainan. Usaha Kolombia tersebut akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-61.

Luis Diaz menusuk dari sisi kiri memenangi duel dengan German Pazzella sebelum melepas sepakan dari sudut sempit. Bola sepakannya bersarang ke pojok kiri gawang Emiliano Martinez. Kolombia menyamakan angka 1-1.

Sebenarnya Argentina mampu unggul di menit ke-74, sayangnya peluang tim Tango terbuang gagal berbuah gol. Dimana lini belakang Kolombia melakukan kesalahan fatal saat melakukan back pass.

Bola berhasil diserobot Angel Di Maria saat Ospina sudah meninggalkan gawangnya. Di Maria lalu memberikan umpan ke Martinez yang langsung melepas tembakan. Untungnya pemain Kolombia, Davinson Sanchez melakukan penyelamatan gemilang dengan menghalau bola di garis gawang.

Argentina kembali punya peluang emas di menit ke-81. Kali ini, sepakan Messi hanya menerpa tiang gawang.

Di sisa waktu normal tak ada gol tambahan yang tercipta. Skor 1-1 mengakhiri pertandingan normal hingga untuk menentukan tim mana yang berhak melaju ke Final Copa America 2021 harus ditentukan lewat adu penalti

Dari Kolombia, Juan Cuadrado penendang pertama dalam drama tendangan adu penalti dan sukses menyarangkan ke pojok gawang Martinez.

Baca juga :   Pertandingan Grup A, Wales Lawan Swiss Sama Kuat 1-1

Penendang pertama dari Argentina Lionel Messi sukses menendang kencang ke pojok kiri atas mengecoh David Ospina.

Eksekutor kedua Kolombia Davinson Sanchez gagal setelah Martinez berhasil membendung bola. Kegagalan Kolombia malah menjalari ke Argentina, sepakan Rodrigo De Paul melayang ke angkasa.

Pemain Kolombia lainnya, Yerry Mina sebagai penendang ketiga gagal, bolanya mampu ditepis Martinez.

Argentina memimpin 2-1 setelah Leandro Paredes sukses mengecoh Ospina ke sisi kiri.

Penendang keempat Kolombia Miguel Borja berhasil membuat skor 2-2.

Sepakan Lautaro membuat Argentina unggul 3-2 setelah bola sepakannya menembus pengawalan kiper Kolombia  Ospina.

Akhirmya, Argentina melaju ke final setelah Martinez berhasil menepis penendang kelima Kolombia, Edwin Cardona, yang mengarah ke sisi kirinya.

Terciptalah Final ideal Copa America 2021 antara Argentina menghadapi Brasil bakal berlangsung di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Brasil, pada Minggu 11 Juli 2021 pukul 07.00 WIB.

Siapakah yang akan merengkuh  kampiun Copa America 2021?.
Sejauh ini, tim tersukses di ajang Copa America adalah Uruguay sebanyak 15 kali disusul Argentina 14 kali dan Brasil 9 kali juara Copa America.