Koid, Sidrap – Bupati Sidrap, H Dollah Mando melakukan rapat koordinasi dengan pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan Jeneberang di Makassar, Rabu (18/9/2019).

Rapat dihadiri Kepala BBWS Pompengan Jeneberang, Supardji, didampingi Kabid Sungai dan Pantai BBWS, Hamna dan beberapa pejabat lain.

Adapun Dollah Mando datang bersama Kadis PSDA Sidrap, Imran Abidin dan Kabid Pengembangan Sumber Daya Air Sidrap, Jimmi Aminoto.

Rapat di Kantor BBWS Pompengan itu membahas empat usulan kegiatan strategis Pemda Sidrap yang akan didanai APBN melalui BBWS Pompengan Jeneberang.

Usulan tersebut yaitu pembangunan Embung Serba Guna Pucue Lawawoi, Kecamatan Watangpulu untuk kebutuhan air minum dan irigasi persawahan, serta Pembangunan Bendung dan

Jaringan Air Baku Compong, untuk menyuplai air minum di Kecamatan Pitu Riase dan Dua Pitue.

Baca juga :   Wujudkan Zona Integritas Bebas Korupsi Sejumlah Instansi Dalam Kawasan Pelabuhan Berkomitmen Bukan Formalitas

Selanjutnya, Pemasangan Sheet Pile Tebing Sungai Bila (lokasi samping jembatan ruas sungai Tanru Tedong) dan Pompanisasi Air Danau Sidenreng dan Danau Tempe untuk areal persawahan.

Sebagai hasil rapat, pihak BBWS Pompengan Jeneberang akan menurunkan tim untuk berkoordinasi dengan tim perencana Dinas PSDA Sidrap, khususnya untuk pembangunan Bendung Serbaguna Pucue.

Disepakati pula, semua lokasi yang diusulkan harus sudah selesai pembebasan lahannya oleh Pemkab Sidrap. Selain itu, Pemkab Sidrap akan mendukung penyiapan proses administrasi terkait masing-masing kegiatan. Misalnya, surat pernyataan dukungan kesiapan lahan.

Pemkab Sidrap juga harus melakukan kajian lingkungan seperti Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup atau AMDAL untuk kegiatan Bendung Pucue.

Baca juga :   Apresiasi Pelanggan, Pertamina Selenggarakan Customer Loyalty Program di Sulawesi

Bupati Sidrap, H Dollah Mando berharap pihak BBWS Pompengan Jeneberang merespon dan menindaklanjuti semua usulan yang telah dibahas.

“Pemda Sidrap akan segera menerbitkan surat dukungan kesiapan lahan,” ujar Dollah Mando.

Ia juga berharap PSDA untuk selalu berkoordinasi dengan pihak BBWS terkait perencanaan pembangunan bendung serbaguna Pucue yang saat ini sementara berproses.