Argentina vs Ekuador (Youtube)
FacebookTwitterEmailGmailWhatsApp

KomitmenArgentina harus bertarung hidup mati melawan Ekuador di partai perempat final Copa America 2021,  Minggu (4/7/2021) di Stadion Olimpico Pedro Ludovico, Brasil.

Pertemuan keduanya begitu menguras emosi, penuh kejutan dan keras. Meski tanpa kehadiran penonton di stadion, keseruannya tak kalah meriah dari hingar bingarnya Euro 2020.

Argentina yang dimotori Lionel Messi turun dengan kekuatan terbaiknya langsung mengancam pertahanan Ekuador, hingga menit ke-10 dibarengi banyaknya pelanggaran yang tercipta.

Pada laga tersebut Tim Tango julukan Argentina lolos ke semifinal Copa America 2021 setelah melumat Ekuador dengan skor 3-0.

Sementara Ekuador juga menggedor lini belakang Argentina, Ekuador terus mengancam gawang Argentina bertubi-tubi, toh upayanya belum membuahkan gol sebijipun.

Lionel Messi nyaris membawa Argentina unggul pada menit ke-22, pemain berjuluk La Pulga itu mengungguli pemain-pemain belakang Ekuador yang membayanginya dan tinggal berhadapan dengan kiper Ekuador, Hernan Galindez.

Namun, Messi gagal membuat Argentina unggul lantaran bola tendangan mendatarnya hanya membentur mistar gawang.

Tak lama berselang, kegagalan Messi terhapus berganti keunggulan buat Argentina menjadi gol 1-0 untuk keunggulan Argentina pada menit ke-41.

Baca juga :   Persija dan PSM Makassar Lolos ke Perempat Final

Gol terjadi berawal dari aksi Niclas Gonzalez yang menggiring bola hingga tepi kotak penalti. Dia lalu terjatuh setelah berduel dengan kiper Kolombia. Bola pun disambar kaki “sakti” Lionel Messi yang langsung memberikan assist ke De Paul yang berada di sisi kanan dalam kotak penalti.

Tanpa ampun De Paul langsung menendang bola dan berbuah gol. Argentina unggul sementara 1-0 atas Ekuador hingga turun minum babak pertama.

Jalannya babak kedua tak kalah keras dari babak pertama. Kini giliran Ekuador menggedor pertahanan Argentina.

Peluang diraih Ekuador pada menit ke-70, Valencia terus menebar ancaman ke lini belakang Argentina. Memanfaatkan umpan silang Angel Mena. Namun lagi-lagi bidikannya melebar di sisi gawang.

Alih-alih mengejar selisih gol, justru Ekuador kebobolan pada menit ke-84. Lautaro Martinez berhasil mencantumkan namanya di papan skor lewat tembakan jarak dekat, memanfaatkan asist dari Lionel Messi. Argentina pun kembali unggul 2-0.

Celakanya lagi, Ekuador kudu bermain dengan 10 orang di masa injury time. Salah satu pemain Ekuador diganjar kartu merah, setelah menggagalkan peluang mencetak gol Angel Di Maria. Pada mulanya, wasit menunjuk titik putih dan hendak memberikan hadiah penalti kepada Argentina, akan tetapi setelah menyaksikan VAR keputusan tersebut batal. Hal ini karena pelanggaran terjadi di luar kotak terlarang.

Baca juga :   Melalui Vidcon, PSSI dan FIFA Bahas Persiapan Piala Dunia U-20 Tahun 2021

Lionel Messi yang mengeksekusi tendangan bebas menggunakan kaki “sakti”nya menjebol gawang Ekuador untuk merubah keunggulan Argentina menjadi 3-0.

Argentina pun keluar sebagai pemenang dengan skor telak 3-0 dan berhak melaju ke babak semifinal Copa America 2021 menghadapi Colombia.

Berikut jadwal semifinal Copa America 2021

Selasa 6 Juli, pukul 06:00 pagi WIB, Brasil bakal meladeni Peru di Estádio Olímpico Nilton Santos, Rio de Janeiro

Rabu 7 Juli, 08:00 pagi WIB, Argentina bertemu Kolombia di Estádio Nacional Mané Garrincha, Brasília