Cara Menghapus Akun DANA Premium

Cara menghapus akun DANA premium dapat kamu lakuka baik secara sementara dan permanen lagi, lho bila mau merasa sudah tidak memerlukannya lagi. Bagaimana, kamu penasaran? Simak pembahasannya berikut ini.

Kenapa Hapus Akun DANA Premium?

Bagaimana cara hapus akun DANA ini merupakan salah satu informasi yang banyak dicari oleh beberapa pengguna.

Ada berbagai alasan tentu saja hal tersebut dilakukan seperti pengguna yang memutuskan untuk mengganti nomor telepon baru supaya tetap dapat akses dengan mudah.

Selain itu, ada juga pengguna yang benar-benar memiih untuk hapus akun karena sudah tak ingin lagi memakai layanan digitas tersebut seperti berganti ke e-wallet lain atau kesulitan memakai layanan pembayaran.

Menutup ataupun menghapus akun DANA secara permanen sendiri memang sangat penting dilakukan supaya akun yang kamu punya tak dipakai oleh orang lain untuk lakukan transaksi.

Cara Menghapus Akun DANA premium Sementara

Cara hapus akun DANA bisa kamu lakukan secara sementara. Bila kamu hanya ingin melakukan hal yang demikian maka kamu bisa melakukannya langsung di perangkat yang kamu gunakan.

Jadi nantinya aplikasi DANA ini dapat dipakai kembali bila sewaktu-waktu kamu membutuhkannya bila kamu menghapus akun DANA secara sementara.

Adapun cara hapus akun DANA secara sementara bisa kamu lakukan dengan mengikuti langkah-langkahnya sebagai berikut ini:

  • Buka menu Pengaturan atau Setting pada perangkat yang kamu gunakan
  • Masuklah ke menu Aplikasi
  • Cari aplikasi DANA pada menu tersebut
  • Klik aplikasi DANA dan klik tombol Hapus Aplikasi
  • Kamu juga bisa langsung menghapusnya dengan cara menekan dan menahan pada ikon aplikasi DANA, kemudian klik Hapus Instalasi/ Uninstall
  • Klik OK
  • Aplikasi DANA berhasil dihapus

Setelah kamu melakukan semua langkah diatas, kamu sudah berhasil menghapus akun DANA di perangkat yang kamu gunakan.

Perlu diingat lagi bahwa cara yang satu ini merupakan cara menghapus akun DANA secara sementara. Jadi bila sewaktu-waktu kamu membutuhkannya lagi, kamu bisa menggunakannya kembali.

Kamu bisa mulai menggunakannya kembali dengan cara mendownload dan menginstal kembali aplikasi DANA melalui layanan Google Play Store ataupun App Store.

Cara Menghapus Akun DANA secara Permanen

Perlu kamu ketahui bahwa pada dasarnya aplikasi DANA tak sediakan menu untuk hapus akun. Oleh sebab itu, bila kamu ingin berhenti memakai layanan dari dompet digital ini maka kamu dapat langsung mencopot aplikasi tersebut di perangkat yang kamu pakai secara sementara.

Selain dengan melakukan penghapusan aplikasi, kamu juga dapat melakukan permohonan penghapusan akun aplikasi DANA lewat berbagai cara. Adapun caranya, kamu bisa langsung menyimaknya dibawah ini.

1.      Cara Hapus Akun DANA Lewat Website

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghapus akun DANA yaitu melalui website. Untuk bisa dapatkan respon yang cepat dari pihak DANA kamu bisa langsung mengisi form permasalahan lewat website DANA.

Adapun cara melakukanya kamu bisa mengikuti beberapa langkah dibawah ini:

  • Buka Situs DANA

Hal pertama yang perlu kamu lakukan saat ingin menghapus akun DANA melalui website yaitu membuka situs resmi dari aplikasi DANA di laman dana.id/ contact.

  • Isikan Formulir Data Diri

Setelah berhasil masuk ke laman situs resmi DANA, selanjutnya kamu akan diminta untuk mengisikan form data diri.

Adapun beberapa informasi yang perlu kamu isikan dalam form tersebut diantaranya adalah nama, nomor HP, alamat email, dan juga detil masalahnya.

  • Menuliskan Alasan Menghapus

Proses menghapus akun DANA bisa kamu lanjutkan dengan menuliskan alasan penghapusan.

Tulislah jika kamu ingin ajukan penghapusan akun di menu Detail Masalah. Isikan alasan tersebut secara lengkap dan juga jelas.

  • Melampirkan Video/ Foto Bukti

Selain itu, kamu juga dapat melampirkan video atau foto terkait dengan masalah yang kamu hadapi. Cara ini sifatnya opsional artinya tidak apa-apa bila kamu tidak mengisikannya.

Bila kamu ingin melampirkan maka ada ukuran maksimal yang harus dipenuhi untuk dokumen yang kamu unggah yaitu tidak lebih dari 7 MB. Bila sudah, centang kode captcha kemudian klik Kirim.

2. Cara menghapus akun DANA premium Lewat Email

Cara hapus akun DANA secara permanen kedua yang bisa kamu coba lakukan yaitu melalui email. Bagaimana caranya? Simak langkah-langkah hapus akun DANA melalui email dibawah ini:

  • Buka aplikasi email di perangkat yang kamu gunakan
  • Masuk atau login akun email yang sebelumnya kamu daftarkan sebagai pengguna aplikasi DANA
  • Kirimkan pesan email yaitu pengajuan untuk menghapus akun
  • Adapun pada bagian subject, kamu dapat mengisikannya dengan menuliskan Pengajuan Penutupan Akun DANA
  • Selanjutnya, kamu bisa jelaskan dan jabarkan secara rinci tentang alasan kamu ingin menutup akun aplikasi DANA disertai dengan nama pengguna dan juga nomor HP yang sebelumnya kamu daftarkan di aplikasi DANA
  • Kirimkan pengajuan permohonan penghapusan akun DANA ke alamat email help@dana.id

3. Cara Hapus Akun DANA Melalui Telepon

Selain lewat website resmi dari DANA, kamu juga dapat menghapus akun DANA melalui call center.

Bila melalui website dan email kamu harus menunggu beberapa hari sampai permohonan tersebut dibalas oleh pihak DANA.

Akan tetapi, bila melalui panggilan call center DANA kamu tak perlu menunggu balasan. Hal tersebut karena pengajuan dari penghapusan akun DANA dapat langsung diproses cepat oleh call center.

Adapun langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk cara menghapus akun DANA premium melalui call center DANA, diantaranya:

  • Masuklah ke menu Panggilan di perangkat yang kamu gunakan
  • Pastikan sebelum melakukan panggilan ini kamu mempunyai pulsa yang cukup untuk menelepon
  • Ketikkan atau masukkan nomor telepon call center DANA yaitu 1500 445
  • Setelah call center menjawab, sampaikan kepadanya bahwa kamu ingin melakukan hapus akun DANA
  • Selanjutnya, petugas call center yang bertugas akan segera memberitahukan kepada kamu tentang apa saja langkah-langkah untuk menghapus akun
  • Kamu bisa mencatat cara menghapus akun DANA premium yang sudah disebutkan oleh petugas call center tersebut
  • Selesai

4. Cara Hapus Akun DANA melalui Media Sosial

Satu cara lagi yang bisa kamu lakukan untuk menghapus akun DANA yang kamu miliki yaitu melalui media sosial.

Penggunaan media sosial ini telah umum dilakukan oleh berbagai perusahaan besar termasuk DANA sebagai sarana promosi dan juga penyebaran informasi.

Kamu dapat menyampaikan permohonan penutupan akun DANA lewat media sosial ini. Adapun media sosial DANA yang bisa kamu gunakan, diantaranya:

  • Twitter: @danawallet
  • Instagram: @dana.id
  • Facebook: Dana Wallet

Kamu dapat melakukannya bisa melalui mention atau Direct Message (DM). DANA terhitung aktif menjawab pertanyaan para penggunanya di media sosial. Itulah beberapa cara menghapus akun DANA premium yang bisa coba kamu lakukan baik secara sementara atau permanen. Kamu hanya tinggal memilih ingin menggunakan cara yang mana.