FacebookTwitterEmailGmailWhatsApp

Komitmen, Makassar-Alhamdulillah, meskipun air PAMnya mengalir seperti kencing kuda,tapi biarkan sajalah sing penting dapat air bersih. Kata ini meluncur begitu saja manakala melihat ember itu ngantri dibawah pipa kran menampung air bersih depan teras rumah.

Atau menyiasatinya dengan memasang drum besar atau tandon air minum, lalu krannnya dilost sampai subuh, iya kalau mengalir, kalau tidak garinglah. Kita hanya membayar angin.

Tak jarang ibu-ibu hingga bapak-bapak untuk memperoleh satu ember air bersih dari PDAM harus begadang hingga larut malam. Untuk Perumahan elite biasanya ada layanan khusus, namanya juga elite pasti ada kelebihan layanan air bersihnya, bayangkan saja kolam renang di perumahan tersbut memakai air PAM, tidak mungkin menggunakan air sumur tanah biasa atau “air got”.

Akan tetapi tidak semua buruk kok, layanan air PAM selalu mengalir diakhir pekan, jadwalnya pas di hari Minggu, itu sudah baguslah. Itu bentuk komitmen perusahaan air minum kepada pelanggannya.

Hanya masih dibutuhkan perhatian serius dari pimpinan, khususnya kesejahteraan karywan di tingkat tapak (grassroot).

Meski mengalirnya kayak kencing kuda, namun air dari PAM itu bermanfaat untuk keperluan masak dan minum, ketimbang tidak sama sekali, hanya membayar, membayar dan membayar akan tetapi tidak pernah mendapatkan asupan suplay air dari Perusahaan Daerah Air Minum sama saja bohong dong.

“Ya, baguslah meski mengalirnya setetes demi setetes akhirnya ember-ember ini penuh juga dan mencukupi kebutuhan air minum,” kata ibu rumah tangga yang enggan dituliskan namanya ini.

Menurutnya lagi, padahal ini sudah memasuki musim kemarau, ibu-ibu bilangnya walaupun mengalirnya kayak kencing kuda biarlah, asal mendapatkan air untuk minum. Kalau pakai air dari sumur bor (air tanah), setelah dimasak kandungan kapurnya naik ke atas dan tidak baik untuk kesehatan.

Begitu saja kok repot ya, Alhamdulillah masih dapat air yang dibayar setiap bulannya. “Orang lain saja sudah kesusahan mendapatkan air bersih, bahkan sampai mengambilnya di tempat umum atau tempat orang tuanya atau minta di tetangganya,” kata ibu ini, Minggu (28/6/2020).

Kalau ada tetangga yang butuh air minum sekedar satu ember atau dua ember ambillah, jangan pelit-pelit sedekah air minum. Semakin banyak memberi orang air minum, semakin banyak sumber air di rumah kita, amiin yaa rabbal alamin.

Sekali lagi ditegaskan, meski air PAMnya mengalirnya mengecil seperti kencingnya kuda, yang namanya air perlahan namun pastii mengalirnya, ember-ember itupun penuh semua. Amiin.

Hal ini termaktub dalam Al Quran Surat Ar-Rahmân. Dalam surah tersebut menunjukkan bahwa nikmat yang Allah berikan kepada manusia itu tidak bisa diingkari. Yang sering dilakukan manusia adalah  ‘Men-Dustakan’-Nya

Baca juga :   Bantuan Eprokal Plus untuk Tenaga Medis RSPAD Gatot Soebroto ㅤㅤㅤㅤㅤ

Dusta berarti ‘menyembunyikan kebenaran’. Manusia sebenarnya tahu bahwa mereka telah ‘diberi nikmat’ oleh Allah, tapi mereka ‘menyembunyikan kebenaran itu, sehingga mereka MENDUSTAKANNYA.

Lantas nikmat tuhan mana lagi yang akan kamu dustakan?