Persija Jakarta (AFC)

Komitmen – AFC atau Konfederasi sepak bola Asian Football Confederation kembali mengadakan nominasi klub-klub terpopuler di Asia Asia Tenggara.

AFC mempunyai 47 negara anggota keberadaan klub atau tim tersebut tentu paling populer di negaranya masing-masing.

Sayembara berupa polling ini untuk mencari klub sepak bola paling populer di Asia Tenggara, pencarian ini  berlanjut di Negara yang paling fanatik terhadap keberadaan klub atau tim sepak bola di Asia Tenggara tersebut.

Berdasarkan hasil jajak pendapat domestik sebelumnya, AFC telah membuat daftar 10 tim terbaik dari Negara-negara Asia Tenggara yang tingkat fanatisme terhadap sepak, dari hasil polling tersebut dua tim atau klub terakan maju ke jajak pendapat terakhir di seluruh benua Asia Tenggara.

Poling tim-tim terbaik se Asia Tenggara tersebut Indonesia mengirimkan 4 tim terbaiknya, yakni Persija Jakarta, Persib Bandung, Persebaya Surabaya, Arema Malang.

Siapa yang akan bergabung bersama Tractor SC, Persepolis FC, Shanghai Shenhua dan Suwon Samsung Bluewings di final? Segera lihat dan pilih nominasinya dan jangan lupa untuk memilih tim favoritmu.

Penilihan klub terpopular itu tersedia pada laman resmi AFC hingga tanggal 25 Desember 2020, Berikut nominasinya,

Persija Jakarta Indonesia

Persija didirikan pada tahun 1928 dan 11 kali juara liga, Persija Jakarta mungkin sama terkenalnya di luar Indonesia karena atmosfer luar biasa yang diciptakan oleh basis penggemar mereka yang kuat.

Dikenal sebagai “The Jakmania”, pendukung Persija terkenal mendukung klub mereka dalam jumlah besar, memadati Stadion Gelora Bung Karno yang luas, dan mencetak rekor kehadiran baru untuk Piala AFC dengan 62.198 jumlah penonton untuk pertandingan melawan Home United Singapura pada tahun 2018.

Persib Bandung Indonesia

Rival mereka Persib berada di urutan kedua, dan klub tersebut dapat memiliki jutaan basis penggemar yang dikenal “Bobotoh”.

Juara liga tujuh kali dengan gelar terbaru mereka datang pada tahun 2014, Persib adalah salah satu klub yang paling banyak diikuti di dunia dalam hal media sosial. Mereka hanya memiliki 10 juta penggemar di Facebook, dan 4,4 juta lainnya di Instagram.

Johor Darul Ta’zim FC Malaysia

Raja sepak bola Malaysia modern yang tidak diragukan lagi, JDT telah memenangkan tujuh gelar Liga Super terakhir dalam satu dekade yang juga menampilkan dua Piala Malaysia, satu Piala FA dan terutama Piala AFC 2015 – menjadi tim Malaysia pertama yang memenangkan judul kontinental.

Baca juga :   Bayern Munchen Permalukan Barcelona, Skor Telak 8-2

Mereka telah membangun basis penggemar, dan stadion canggih, untuk menyamai, memenangkan penelusuran Agustus kami untuk klub sepak bola paling populer Malaysia dengan 34 persen dari total suara.

Perak FA Ipoh, Malaysia

Didirikan hampir 100 tahun yang lalu dan telah memenangkan yang pertama dari delapan Piala Malaysia mereka pada tahun 1926, sejarah panjang dan membanggakan Perak telah membuat mereka berkembang menjadi salah satu tim yang paling banyak didukung di negara ini.

Meskipun rata-rata penonton klub lebih rendah daripada klub seperti Kedah dan Pahang dalam beberapa tahun terakhir, Perak menempati posisi kedua dalam pencarian kami untuk klub paling populer di Malaysia pada bulan Agustus.

Hanoi FC, Hanoi, Vietnam

Kekuatan kontemporer dari negara gila sepak bola, Hanoi FC baru berusia 14 tahun, tetapi lima gelar V.League 1, termasuk empat sejak 2016 menggarisbawahi kesuksesan luar biasa mereka sebagai klub sepak bola, yang juga membuat mereka gagal mencapai satu gol. Final Piala AFC 2019.

Klub kehilangan gelar liga musim ini tetapi, dengan delapan pemain di skuad tim nasional terbaru datang dari Hanoi FC, mereka tetap berada di garis depan kancah sepak bola Vietnam.

Hoang Anh Gia Lai FC, Pleiku, Vietnam

Setelah Hanoi dalam jajak pendapat bulan Oktober kami yang bertujuan untuk menemukan klub paling populer di Vietnam adalah Hoang Anh Gia Lai, yang dapat mengklaim sebagai salah satu tim yang didukung terbaik di negara tersebut meskipun sedikit keberhasilan baru-baru ini, dan basis mereka di kota Pleiku yang relatif kecil.

Didirikan pada tahun 2001, Hoang Anh adalah juara V. League pada tahun 2003 dan 2004, dua kali tampil di fase grup Liga Champions AFC sebagai hasilnya, tetapi kesuksesan sebagian besar tidak mereka dapatkan sejak saat itu. Klub mereka baru-baru ini menunjuk striker legendaris Thailand Kiatisuk Senamuang, mantan pemain Hoang Anh, sebagai pelatih kepala.

Buriram United Buriram, Thailand

Habiskan banyak waktu di Thailand dan Anda hampir pasti akan melihat setidaknya satu orang mengenakan seragam Buriram United, dengan penggemar yang juga berbondong-bondong ke klub “Kastil Petir” musim demi musim di Liga Thailand 1.

Baca juga :   PSG Lawan Bayern Bertemu di Final, Siapa Jagoanmu?

Sebuah kisah sukses di dalam dan luar lapangan, Buriram telah memenangkan tujuh gelar liga dan total 21 trofi domestik sejak 2008 dan dua kali mencapai babak sistem gugur Liga Champions AFC, menjadikan mereka salah satu klub sepak bola terkuat di mana pun di Asia Tenggara.

Western Sydney Wanderers, Australia

Pencarian nominasi AFC di pinggiran Australia Barat yang padat penduduk, Western Sydney Wanderers dengan cepat menjadi salah satu klub terbaik Australia ketika mereka dibentuk pada tahun 2012, secara teratur memenuhi Parramatta Stadium, dan terus mencetak rekor penonton A-League dengan 61.860 penggemar di tribun di Stadium Australia untuk pertandingan derby melawan Sydney FC pada 2016.

Mereka juga memiliki sesuatu yang tidak dapat dibanggakan oleh klub lain dalam daftar ini, memenangkan gelar Liga Champions AFC pada upaya pertama pada tahun 2014 dan kemudian mewakili Asia di Piala Dunia Klub FIFA setelah mengalahkan Al Hilal SFC 1-0 dari Arab Saudi. kaki di final

Persebaya Surabaya, Indonesia

Mewakili kota terbesar kedua di Indonesia, dan dengan dukungan untuk menyamai, kredensial klub besar Persebaya Surabaya didukung oleh sejarah 93 tahun, kandang berkapasitas 45.000 orang dan finis di posisi kedua di musim Liga 1 yang diselesaikan terakhir.

Persebaya adalah klub dengan undian tertinggi di Indonesia di musim liga 2018, menarik rata-rata 28.543 penggemar per pertandingan, dengan rumah mereka, Stadion Gelora Bung Tomo, yang akan tampil di Piala Dunia U-20 FIFA 2021.

Arema FC Malang, Indonesia

Arema, klub lain di Jawa Timur yang memperoleh 12 persen suara mengesankan dari total suara dalam nominasi untuk klub paling populer di Indonesia pada bulan Agustus.

Arema telah tampil di fase grup Liga Champions AFC pada tiga kesempatan dan merupakan salah satu dari enam klub Liga 1 yang menarik lebih dari 240.000 penggemar selama kampanye 2019 yang selesai, di mana mereka finis kesembilan di tabel liga.